NGABANG – Dalam waktu dekat ini Puskemas Semata Kecamatan Ngabang akan melakukan penyuluhan tentang Reproduksi Remaja. Sasaran yang akan diberikan penyuluhan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 3 Ngabang.
Kepala Puksemas Semata Sisilia, mengatakan orientasi kesehatan reproduksi remaja dilatarbelakangi fakta yang menimpa remaja Indonesia saat ini yang dianggap rentan terhadap gangguan psikosusila. Lewat pergaulan bebas karena ketidaktahuan dengan masalah reproduksi sehingga berujung kehamilian pra nikah, aborsi, putus sekolah, tindak kekerasan, seks bebas, dan penyalahgunaan narkotika.

"Kita berupaya memberi penyuluhan dan bimbingan mengenai pentingnya kesehatan produksi, sehingga ada kesadaran dan pemahaman remaja,” katanya didampinggi Jayadi.
Ia mengatakan program penyuluhan kesehatan reproduksi remaja, sebenarnya dilakukan pada minggu ke dua bulan Januari, berhubung pelajar sedang ada tray out, maka rencana ini ditunda, dan dilanjutkan pada minggu ketiga bulan Januari ini. Ia menambahakan adapun materi penyuluhan, seperti menjelaskan factor apa saja yang menyebakan Penyakit Menular Seksual (PMS), termasuk factor penyebab Infeksi Menular Seksual (IMS), termasuk dampak dari IMS.
Ia menambahkan Infeksi Menular Seksual (IMS) merupakan salah satu penyebab masuknya Human Immunodeficiency Virus (HIV). Virus mematikan itu akan menular melalui luka yang ditimbulkan oleh IMS. Ini berarti, orang yang terjangkit IMS memiliki peluang lebih besar terjangkit HIV/AIDS. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Puskesmas Semata Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja"


Powered by www.tvone.co.id