NGABANG - Kakan Kebersihan Kota dan Pertamanan Kabupaten Landak Fransiskus Asius mengatakan, untuk pembangunan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di kota Kabupaten Landak yang berada di Desa Tebedak Kecamatan Ngabang dalam waktu dekat ini akan segera di bangun. hanya saja katanya dalam pembangunan tempat tersebut akan di lakukansecara bertahap, mengingat biaya untuk melakukan pembangunan yang akan di lengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana itu cukup mahal sehingga dalam melaksanakan pembangunannya tidak mungkin harus di lakukan dengan mengandalkan kemampuan Pemda yang masih sangat terbatas.
"Dalam waktu dekat ini kita akan melakukan pembangunan. Yang jelas yang sudah akan kita laksanakan ini ada dua sumber yaitu dari dau dan APBN," ujarnya kepada Kapuas Post, Senin (13/07), kemarin.
Dijelaskannya, yang pembangunan yang bersumber dari DAU sendiri akan di bangun berupa jalan Interjon, sedangkan yang menggunakan dana dari APBN akan membangun pembangunan Zona A dan geometran serta pipa air lendi.


Menurutnya, dalam pembagunan tahap awal yang akan di lakukan tersebut memang belumlah ada apa-apanya, karena dalam pembangunan kedepan TPA tersebut masih akan menelan biaya puluhan milyar agar tempat tersebut dapat di lengkapi dengan pengolahan sampah.
"Ini belum ada apa-apaya, ini baru pembangunan awal saja, sedangkan selanjutnya ini akan ada jenis mesin untuk mengolah air lending atau air yang berasal dari sampah agar tidak berbau dan membahayakan ini nanti akan di olah," katanya.
Karena tuturnya, sebelum air yang berasal dari sampai itu di buang ke tempat bebas terlebih dahulu akandi olah sehingga tidak membahayakan bagi masyarakat.. Sedangkan harga mesin yang bisa mengolah air tersebut harganya cukup mahal sehingga ini yang membutuhkan tahapan
Menurutnya dalam penanganan sampah khususnya di Kabupaten Landak, Seraya berkomitmen lebih bersungguh-sungguh karena bagaimanapun yang namanya sampah itu sendiri akandapat menimbulkan polemik jika tidak di tangani dengan serius.
"Dalam menangani sampah ini, kita akan melibatkan semua pihak mulai dari kantor atau instansi pemerintah sampailah dengan masyarakat. maka dalam waktu dekat ii kita akan melakukan pertemuan dengan Camat, Kades dan Kepala Dusun guna membicarakan hal ini,"ungkapnya.
Mengingat dalam penangan sampah yang ada di kota Ngabang saat ini memang harus membutuhkan satu keterpaduan dan kerja sama yang baik terutama keterlibatan dan rasa kesadaran masyarakat yang ada di daerah ini akan kebersihan lingkungan yang ada.. sehingga katanya belajar dari pengalaman sejumlah daerah yang sudah cukup maju di mana dalam penanganan sampahnya sering menimbulkan protes dari masyarakat, maka Landak akan lebih fokus agar tidak seperti itu. Lagi pula pintanya dalam pengolahan sampah ke depannya di harapkan dapat di mempaatkan oleh masyarakat.
"Keterlibatan masyarakat yang ada dan yang mau itu pasti ada, salah satunya adalah, daur ulang sampah atau kegiatan lainnya. jadi tenaga masyarakat memang di butuhkan," ungkapnya.
Untuk itu katakan, dalam penangan sampah ang ada maupun penangan kebersihan kota bagaimanapun akan terus menerus akan di tingkatkan. karena selama ini dalam penangan sampah dan kebersihan masih di fokuskan di daerah yang di anggap penting dulu seperti komplek pasar dan jalan utama dan sekitarnya, maka dalam waktu dekat kegiatan ini akan di lakukan secara menyeluruh dan akan melibatkan semua elemen masyarakat yang ada di daerah ini. (wan)






You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "TPA Landak Akan Segera di Bangun Jalan Interjon Dan Pipa Lendi"


Powered by www.tvone.co.id