Dharma Bahkti Persatuan Jaksa Indonesia

07.23 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Akhirnya apara Jaksa seluruh Indonesia yang tergabung dalam wadah Persatuan Jaksa Indonesia (PJI) telah mampu membulat tekad menetapkan dan mengucapkan ikrar untuk dharma bhaktinya, yang mana materi ikrar Jaksa Indonesia ini berintikan tiga piliar.
Demikian dikatakan Jaksa Agung Republik Indonesia Hendarman Supandji, dibacakan Kajari Ngabang SR. Nasution, dalam upacara apel Persatuan Jaksa Indonesia, Senin (13/7), kemarin di Ngabang.

Hendarman menegaskan materi ikrar PJI terebut berintikan tiga pilar yaitu pertama menegakkan hukum secara professional, berani, tegas, santun, dan jujur demi terwujudnya kepastian hukum dan keadilan. Kedua, melaksaakan tugas dan kewajiban, dengan penuh tanggung jawab berlandaskan tri karma adhyaksa. Dan ketiga, setia dan taat kepada profesi, berdisiplin, menjaga persatuan dan kesatuan serta kehormatan korps sesusi ketentuan yang berlaku. Oleh karenanya, kata Hendarman, pada kesempatan berbahagia ini, terlebih dahulu dirinya menyampaikan apresiasi kepada PSI yang mempunyai gagasan/ide untuk mengucapkan ikrar Jasa Indonesia dalam suasana kejaksaan yang sedang prihatin melakukan pembenahan dirinya. Tekad dan semangat melalui ikrar itu, telah dikumandangkan obor nurani perjuangan kedepan telah dijalankn namun dengan penuh harapan kerja nyata pelaksanaan ikrar tersebut. “Saya minta agar obor yang telah menyala itu, tidak sekedar untuk dilihat dan dipandang saja, tetapi harus tetap dinyalakan dan tidak bisa padam menjadi obor nurani abadi. Yang dipergunakan untuk meneranggi langkah-langkah pasti pelaksanaan tugas pelayanan masyarakat secara prima, yang berkepastian hukum dan keadilan,” jelasnya.
Dia kembali menegaskan ikrar pada hakekatnya merupakan satu potensi berharga yang telah dimiliki, selanjutnya hal yang penting adalah bagaimana kita mendayagunakannya. Tentunya, potensi tersebut harus diaktualisasikan, melalui program-program dan kerja nyata, yang dalam melaksanakannya memerlukan kerjasama dan niat solidaritas yang kuat dari para Jaksa, sehingga ikrar juga berfungsi sebagai perekat kesatuan dan persatuan persatuan Jaksa seluruh Indonesia. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Dharma Bahkti Persatuan Jaksa Indonesia"


Powered by www.tvone.co.id