Program IPA Landak Rengking I Se Kalbar

23.02 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG - Raut wajah pelajar di Kota Ngabang, tampak bahagia, pasalnya Rabu (17/06), kemarin masing-masing sekolah membangikan amplop tanda kelulusan kepada orang tua atau walinya. Tidak heran, kemarin setelah mengetahui kelulusan, kendati sudah ada larangan dari pihak Diknas Kabupaten Landak, pelajar ini telah melanggar komitmen itu dengan melakukan budaya corat coret mengunakan spidol temasuk menyemprot mengunakan cat pilok warna warni dibaju mereka, bahkan ada kelompok kecil melakukan kompoi dijalan raya.
Memang kemarin adalah hari yang teramat bahagia bagi pelajar di Kabupaten Landak, tahun ini angka kelulusan SMA/SMK/Sederajat mencapai angka 98, 65 persen, jika dibandingkan tahun lalu baru mencapai 94 persen lebih. Sedikit sekali dari mereka yang tidak lulus.

Kepala Dinas Pendidikan Landak Aspansius, S.IP mengucap syukur atas keberhasil anak-anak pelajar SMA/SMK/Sederajat se Kabupaten Landak meraih predikat kelulusan angka 98, 65 persen tahun ini. “Ini tidak terlepas atas kerja keras dari dewan guru, orag tua murid, pihak dinas, termasuk para wartawan, mengiring tentang dunia pendidikan di Kabupaten Landak,” katanya.
Ia juga mengatakan untuk tahun 2009, khsusu pelajar tingkat SMA program IPA mengikuti ujian sebanyak 514 orang, tidak lulus 7 orang dan yang lulus 507 orang dengan jumlah presentasi kelulusan mencapai 98, 64 persen. “Dengan nilai rata-rata 4, 25, memposisikan rengking satu di tingkat Kalimantan Barat,” katanya.
Masuk di program IPS, yang mengikuti ujian ada 1.903 orang, yang tidak lulus 30 orang dan lulus 1.873 orang, prosentase kelulusan mencapai angka 98,42 persen, dengan nilai rata-rata mencapai 39,03, meraih rengkin ke empat di Kalimantan Barat. Selanjutnya progam bahasa, mengikuti ujian ada 30 orang, tingkat kelulusan dengan presentase 100 persen, dengan rata-rata nilai 37, 81.
Untuk MAN, lanjut Aspansius, program IPA mengikuti ujian ada 18 orang, lulus 100 persen, rata-rata nilai 41, 13, meraih rengking dua se Kalimantan Barat dan program IPS lulus 100 persen, nilai rata-rata 38,21, meraih peringkat empat se Kalimantan Barat. “Khusus untuk kelulusan tigkat SMK, karena ada nilai yang belum dimasukan, maka bisa kontek pak Erik Yohanes, Sekretarais Dinas Pendidikan Landak,” katanya.
Tempat berbeda, kepala SMAN 1 Ngabang Drs. Asoardi Ador kepada wartawan menyatakan SMAN 1 Ngabang, meraih predikat lulus 100 persen, dimana anak didik yang mengikuti ujian sebanyak 197 orang itu, ada diantara lulus memuaskan, dan jangan heran bila tahun ajaran 2009/2010 ini, 26 siswa mereka berhasil masuk ke perguruan tinggi negeri tepatnya di Untan Pontianak, tanpa melalui tes, bahkan 1 diantara masuk ke Fakultas Kedoktoran.
“Ke 26 pelajar kita itu masuk diantaranya di jurusan MIFA, FKIP, Pertanian, Kehutanan, Ekonomi, dan Hukum,” kata Asoardi Ador, kemarin, sebelum membagikan amplop kelulusan kepada orang tua murid, menjawab kepada awak koran ini.
Jika dibandingkan tahun ajaran 2008, pelajar SMAN 1 Ngabang yang berhasil masuk ke Untan tanpa jalur tes hanya 19 orang. “Ini memandakan adanya peningkatan, dari 19 menjadi 26, naik 7 orang. Kita sih berharap tahun depan penerimana itu menjadi lebih dari 30 orang,” harap dia.
Disinggung sebagai sekolah penyelenggara ujian? Ia mengatakan dari 3 sekolah yang menginduk, yaitu SMA Santo Tomas Ngabang, SMA Pelita Ngabang dan SMA Retawan Jelimpo, hanya di SMA Pelita Ngabang, 4 siswa/i mereka tidak lulus, 3 dari program IPS dan 1 siswa dari program IPA. “SMA Santo Tomas lulus 100 persen, dan SMA Rentawan Jelimpo lulus juga 100 persen, sedangkan SMA Pelita Ngabang lulus hanya 96 persen,” jelasnya.
Salah seorang pelajar SMA Pelita Ngabang Suhaini, ketika berhasil dijumpai Kapuas Post, mengucap puji syukur atas kelulusannya, dan bagi temanya yang tidak lulus anggap saja ini adalah satu prestasi yang tertunda.
“Setelah lulus ini saya berencana melanjutkan ke Untan Pontianak, soalnya beberapa minggu lalu saya sudah ikut test di Pontianak, saya juga berharap kesuksesan saya berlanjut kuliah di Untan,” harap pelajar yang ingin kuliah FKIP jurusan Bahasa Indonesia. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Program IPA Landak Rengking I Se Kalbar"


Powered by www.tvone.co.id