PAHAUMAN - Berdasarkan hasil rapat kerja Perpadi Kabupaten Landak yang di lakukan padaha Minggu (14/06) kemarin. Akan disusun rencana kerja oleh Perhimpunan Penggilingan Padi dan Pengusaha Beras Kabupaten Landak (Perpadi).
Menurut Victor Yogiwicahya Piet,S,Si kepada Kapuas Post mengatakan, Perpadi adalah salah satu lembaga yang akan menangani baik pembelian gabah sampai pada tingkat pengolahan produksi hasil pertanian terutama beras. Sehingg ke depannya para petani yang ada di daerah ini secara langsung akan menjadi mitra Perpadi.
"Tujuan utama kita adalah pembelian gabah para petani kita yang ada di seluruh kawasan Kabupaten Landak. sehingga ke depan petani kita tidak susah lagi kemana akan menjual gabahnya," ujarnya.

Dikatakannya, dengan berdirinya Perpadi di daerah ini sekaligus akan membuka kemudahan bagi masyarakat tani yang bergerak di bidang tanaman pangan khususnya Padi. Perpadi juga selain membeli gabah, langsung melakukan pengolahan dan pengepakan beras sampai pada pemasarannya.
"Ini sudah komitmen kita, jadi kita juga akan memproduksi beras hasil petani kita di daerah ini. sehigga kita tidak lagi harus menjual dan mengolah hasil pertanian ke luar daerah tetapi cukup di dalam daerah kita saja," ujarnya ketika di dampingi Herwan yang merupakan Dewan Pakar di lembaga tersebut.
Tujuan lain katanya, juga membina dan mengembangkan kerja sama dengan pemerintah daerah dalam arti meningkatkan hubungan kemitraan yang harmonis guna melindungi dan memajukan usaha para petani, dengan membina dan mengembangkan komunikasi timbal balik dengan organisasi, Asosiasi usaha baik dalam daerah, bahkan sampai pada tingkat Nasional dalam upaya menciptakan kesempatan dan peluang kerja sama yang saling menguntungkan.
"Yang jelas dalam melakukan pembelian gabah kita berupaya dapat lebih tinggi dari harga yang ada, artinya kita berupaya menciptakan peluang yang lebih baik,"paparnya. Karena di satu sisi sekarang saja daerah Kabupaten Landak merupakan salah satu daerah yang kegiatan pertaniannya sudah semakin meningkat dan ini terbukti dengan hasil yang di raih oleh para petani baik jagung maupun padi. sehingga sangatlah di sayangkan apabila hal ini selalu di olah di luar daerah padahal jika pengolahan hasil petani dapat di lakukan dalam daerah ini dapat di lakukan maka ini akan jauh lebih baik.
"Memang di satu sisi kita masih sangat memerlukan dukungan dari Pemda karena peralatan yang kita miliki saat ini masih belumlah memadai dan kerja sama inilah yang memang harus kita lakukan karena di Pemda sendiri sudah memiliki mesin yang dapat juga mendukung operasional kita agar dapat menunjang dan mendukung kegiatan ini," paparnya.
Seiring dengan perkembangan dunia usaha yang mengarah ke globalisasi usaha,di samping fungsi dan kegiatan pengolahan padi dan gabah menjadi beras, Perpadijuga akan melakukan diversifikasi usaha di bidang pengolahan sampai pada Industri pengolahan sekam (pasca pengolahan beras) yang akan dapat di mempaatkan menjadi pakan ternak artinya secara langsung akan menjadi industri hilir dari profesi inti penggilingan padi.
"Dalam produksi yang kita inginkan ini adalah produksi beras yang berkualitas ini akan kita upayakan dan sudah harus. karena hasil produksi perpadi ini ke deapannya harus mampu memenuhi kebutuhan beras terutama bagi PNS dan Masyarakat yang ada di daerah Kabupaten Landak," ujarnya.
Ia optimis, dengan melihat kondisi keberhasilan pertanian masyarakat di daerah ini, maka rencana besar ini akan dapat di lakukan sehingga produksi beras yang akan di lakukan tidak akan mengalami kekurangan bahan baku. di sisi lain pihaknya juga sudah merencanakan upaya pengolahan jagung yang juga dari tahun ke tahun semakin mengalami peningkatan. dan ini merupakan hal yang harus di lakukan dengan baik yang tujuan akhirnya akan dapat memberikan kesejahteraan kepada masyarakat yang ada di daerah ini. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pembelian Gabah dan Produksi Beras Berkualitas Tujuan Utama"


Powered by www.tvone.co.id