Pentingnya Tehnologi Informasi dan Komunikasi

12.24 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Standard Kompentensi dan Kompetensi Dasar 2006 lahir sebagai respons terhadap perkembangan dan perubahan kehidupan masyarakat berbangsa dan bernegara. adalah mulai berlakunya peraturan perundang-undangan yang baru tentang otonomi daerah. “Hal ini membawa implikasi terhadap paradikma pengembangan kurikulum, antara lain pembaruan dan diversifikasi kurikulum serta antisipasi keadaan masa datang dalam mempersiapkan generasi muda yang memiliki kompetensi multidimensional terutama pada bidang Tehnologi Informasi dan Komunikasi (TIK),” kata Pimpinan Yayasan Taruna Manggala Indonesia Wilayah III Kalbar Junius Bram Buntaran, ST,SH,MH, belum lama ini di Ngabang.

Dikatakannya, tujuan TIK untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan, ketrampilan, keahlian bertahan hidup, dan perkembangan belajar yang membangun integritas anak didik. “Standard Kompetensi Dasar 2006 juga memudahkan guru dalam meyajikan pengalaman belajar yang sejalan dengan prinsip belajar sepanjang hayat (learning for live) yang mengacu pada 4 pilar pendidikan universal, yaitu belajar mengetahui, belajar melakukan, belajar menjadi diri sendiri, dan belajar hidup dalam kebersamaan,” katanya.
Seiring berkembangnya masyarakat Ngabang Kabupaten Landak yang semakin progresif, semakin berkembang pula pendidikan formal dan non formal atau menyelaraskan pendidikan itu sendiri kearah progresifitas yang ada hal inilah yang semakin kita rasakan sebagai kalangan pendidik dengan tanpa melepas rasa tanggung jawab moral sebagai insan Indonesia sejati untuk selalu ber-inofasi dalam pencapaian akselerasi pendidikan itu sendiri khususnya Pendidikan TIK.
Masih kata dia, diera dunia maya (internet) yang sekarang ini menjadi gaya hidup masyarakat baik dikota besar maupun di daerah-daerah yang baru berkembang, tentunya kita sebagai kalangan pendidik tidak bisa tinggal diam dan menutup mata akan perubahan yang kita lihat dan rasakan disekitar lingkungan kita. Pengenalan akan perangkat Computer sebagai sarana pencapaian Pendidikan TIK, tentunya didukung pula dengan pemberian Materi Software sebagai pendukungnya, serta didukung kerjasama dinamis dengan salah satu Yayasan Pendidikan TIK bertaraf Nasional “Taruna Manggala Indonesia” semakin memantapkan langkah Disekolah Kabupaten Landak dalam pencapaian secara maksimal Sekolah berbasis full tehnologi.
Fasilitas Laboratorium yang dimaksimalkan sedemikian rupa membawa dampak yang besar terhadap pengenalan siswa akan Piranti TIK sehingga sekolah dengan basis full tehnologi dapat benar-benar terwujud dan menjadi jawaban bagi masyarakat Ngabang. Hal tersebut sudah terbukti dan bukti nyata akan perkembangan tehnologi yang sekarang ini kita lihat dan rasakan bahwa Ngabang adalah kota yang mengalamai perkembangan yang sangat signifikan terutama dibidang tehnologi, bukti nyata tersebut dapat kita lihat dengan terbentuknya secara otomatis komunitas-komunitas TIK baik dilingkup formal maupun non formal, hal tersebut juga dapat dilihat dari sisi munculnya pengusaha-pengusaha yang mulai membaca komunitas ITK dan merefleksikannya dengan berdirinya beberapa tempat warnet sebagai muara dari pengenalan akan tehnologi bagi masyarakat sekitar. (wan)

You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pentingnya Tehnologi Informasi dan Komunikasi"


Powered by www.tvone.co.id