Sertijab Dan Yon Armed 16/105 Tarik

07.21 Diposting oleh HERI IRAWAN

Sapta Marga Serta Sumpah Prajurit Prioritas Komandan Yang Baru
NGABANG- Pangdam VI Tanjungpura Mayjen TNI Tono Suratman mengatakan Serah Terima Jabatan (Sertijab) Dan Yon Armed 16/105 Tarik Ngabang lama Letkol ARM Teddy Surachmat ke Letkol ARM Muhammad Erwansjah, S.IP merupakan dari satuan Komando satu bentuk penyegaran dan pembinaan organisasi, dimana proses alih tugas ini dapat dilakukan setiap saat sesuai dengan kebutuhan dan tantangan tugas yang dihadapai. Secara kelembagaan alih tugas jabatan dilakukan agar kinerja organisasi lebih dinamis dan proaktif dalam menghadapi tantangan tugas satuan ke depan.


“Dalam rangka menghadapi tugas dan tantangan ke depan yang relatif sulit diprediksi, menuntut kesiapsiagaan satuan, oleh karena itu Yon Armed 16/105 Tarik harus selalu dalam kondisi siap operasional. Kondisi kesiapan operasional satuan itu harus mencakup kesiapan personel, alat peralatan dan persenjataannya serta sistem yang mendukung pelaksanaan tugas di bidang masing-masing,” kata Pangdam VI/Tanjungpura Mayor Jenderal TNI Tono Suratman pada acara Serah Terima jabatan Komandan Batalyon Artileri Medan 16/105 Tarik dari Letkol ARM. Teddy Surachmat, kepada Letkol ARM. Muhammad Erwansjah, S.IP, bertempat di Lapangan Upacara Yon Armed 16/105 Tarik, Ngabang, Selasa (21/0).
Lebih jauh Pangdam menyatakan pemahaman terhadap tugas pokok satuan tersebut, harus dapat dihayati secara benar. Terutama terhadap hal-hal yang mendasar, baik pengetahuan maupun teknis operasional yang berkaitan langsung dengan fungsi dan tugas satuan. “Disamping itu, kemampuan dan keterampilan melakukan pembinaan territorial secara terbatas juga harus ditingkatkan oleh satuan ini setiap saat. Kemampuan melakukan binter terbatas akan menjadi kunci keberhasilan satuan ini, khususnya dalam hal upaya mewujudkan stabilitas di daerah,” ungkapnya.
Dikatakannya, situasi seperti itu harus dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang dengan terus melakukan pembinaan kewilayahan secara intensif dan terpadu.
Berkaitan dengan itu ia berharap daya antisipasi, kepekaan dan kesiagaan prajurit Yon Armed 16/105 Tarik harus tetap terpelihara dan benar-benar tercipta secara optimal. Upaya deteksi dini, cegah dini dan lapor cepat secara hirarkis harus menjadi bagian dari sikap dan perilaku setiap prajurit dalam menyikapi setiap gejala yang timbul pada lingkungan tugasnya. “Kondisi dan kesiapsiagaan satuan ini bisa tercipta manakala didukung oleh kualitas prajurit yang professional. Karenanya upaya peningkatan kemampuan satuan tidak dapat ditawar lagi,” tegasnya.
Ia menambahkan profesionalisme prajurit yang dilandasi dengan jiwa dan semangat Sapta Marga serta Sumpah Prajurit merupakan pilihan terbaik dan seyogyanya menjadi prioritas bagi komandan yang baru. “Saya tekankan kepada pejabat baru agar dapat melaksanakan amanah yang dipercayakan pimpinan ini dengan penuh rasa tanggungjawab. Kemampuan mengembangkan kegiatan dan kreatifitas yang disesuaikan dengan dinamika di lapangan merupakan tuntutan agar kinerja Batalyon semakin meningkat. Pengabdian terbaik satuan tercermin oleh pengakuan masyarakat, baik di basis maupun di tempat tugas,” ingatnya
Tak lupa Pangdam mengucap terima kasih kepada Danyon yang lama, atas pengabdianya seama di Kabupaten Landak, dan selamat datang kepada Danyon Armed yang baru, semoga tugas kedepan lebih.
Acara Sertijab ini semakin menarik, digelar berbagai macam kegiatan seperti tarian khas dayak dari prajurit, bela diri pencak silat, serta kegiatan lainnya.
Teddy Surachmat nantinya akan menjabat sebagai Komandan Kodim (Dandim) 1202/Singkawang. Sedangkan M. Erwansjah sebelumnya menjabat sebagai Kabag Proggar Setpussenarmed Kodiklat TNI AD. Acara kemudian dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Hadir dalam Sertijab tersebut, Bupati Landak Adrianus Asia Sidot, Bupati Sanggau Setiman Sudin bersama Kapolres Sanggau, para pejabat dilingkungan Kodam VI/Tpr, para pejabat dilingkungan Korem 121/Alambahana Wanawai dan para tamu undangan. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Sertijab Dan Yon Armed 16/105 Tarik"


Powered by www.tvone.co.id