Perangi Kimiskinan Secara Terpadu

07.11 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Program penaggulangan kemiskinan di daerah perkotaan (P2KP) yang di mulai sejak tahun 1998, merupakan upaya membangun gerakan Masyarakat untuk menanggulangi masalah kemiskinan di cara mandiri. di mana dalam pelaksanaan tersebut, upaya ini juga telah menghasilkan perkembangan yang positif terutama dalam pembangunan lembaga masyarakat, warga di tingkat kelurahan yang cukup mengakar,refresentatif dan kepemimpinan kolektif yang di sebut badan Keswadayaan masyarakat (BKM). Dengan demikian keberadaan BKM inilah yang di harapkan mapu menjadi pondasi yang kokoh bagi terbangunnya tatanan masyarakat berdaya.Menurut Bupati Landak yang dalam hal ini di wakili Asisten I Drs, Yohanes Meter dalam sambutannya. penangan masalah kemiskinan ini hanya akan dapat berhasil apabila di lakukan secara terpadu serta memerlukan dukungan semua pihak terutama untuk kelancaran pelaksanaannya, baik dalam kebijakan alokasi anggaran maupun dalam pemempaatan di lapangan.


"Sesuai dengan konsep dan pemberdayaannya, proyek P2KP ini di nilai sangat strategis. karena sudah menyiapkan landasan kemandirian masyarakat. kemudian juga sudah memberikan institusi kelembagaan pada masyarakat yang refresentstif, mengakar serta menguat bagi perkembangan modal dan pembangunan,"Katanya dalam kegiatanLokakaryapelaksanaan PAKET tahap ke - 2 di Kabupaten Landak Selasa (21/04) di aula kantor Bappeda kemarin.
Hal ini juga merupakan persiapan bagi pembangunan antara pemerintah dan masyarakat maupun kelompok peduli yang ada di daerah Kabupaten Landak. Selain itu lembaga kepemimpinan masyarakat tersebut yang dalam program PNPM-MANDIR ini, secara generik, sudah menghasilakan BKM yang sudah di bentuk melalui keswadayaan yang demokratis dan transparan sehingga ini menjadi salah satu media pembelajaran bersama yang menimbulkan kesadaran bersama pada masyarakat yang juga menggali bersama nilai-nilai leluhur yang ada di masyarakat. baik dalam kesepakatan, gotong royong,maupun mengangkat nilai-nilai kebersamaan pada masyarakat.
"Yang perlu kita pahami adalah pdada keberadaan dana yang ada terkadang ini juga menimbulkan permasalahgan pada masyarakat, dan hal-hal seperti ini seharusnya jangan sampai ada terjadi lagi ini yang kita harapkan," pintanya.
Kendati hal seperti ini bukan untuk menjadi perkelahian melainkan dana yang ada adalah untuk di bangun demi terciptanya pembangunan yang lebih baik. Untuk itu pada pelaksanaan PAKET P2KP tahun 2009, di harapkan dapat menjadi wadah perjuangan masyarakat yang masih berada di bawah garis kemiskinan. maupun sebagai motor penggerak pada upaya penanggulangan masalah kemiskinan dan mampu di jalankan oleh masyarakat secara mandiri dan berkelanjutan melalui PAKET P2KP tahap ke-2 ini.
Hadir dalam kegiatan tersebut Selain Pihak P2KP Juga di hadiri oleh Alfius S.sos Kepala Bappda, Bupati Landak yang di wakili Asisten I Drs, Yohanes Meter, camatNgabang, Jelimpo, Sengah Tamila, Menjalin dan Mandor maupun tokoh masyarakat dan seluruh BKM dari 5 kecamatan tersebut.
"Memang perlu kita sadari bersama bahwa untuk tercapainya target dan upaya tercapainya penanggulangan kemiskinan yang berkelanjutan itu bukan lah hal yang mudah , tetapi kita memerlukan kemauan dan kepedulian kita untuk mendukung kelancaran program tersebut, ini yang kita harapkan,” pintanya.
Untuk itu katanya, dukungan tersebut termasuk dari jajaran pemerintah akan sangat di butuhkan untuk mendukung pelaksanaan program ini. apalagi katanya yang merupakan titik berat pada program ini adalah lebih menitik beratkan pada prioritas pemberdayaan dan pembelajaran maupun proses edukasi baik di tingkat sasaran maupun di tataran pemerintah maupun steakholder yang ada agar mampu mendorong pelaksanaan dan proses pelaksanaan sehingga dapat menciptakan dari masyarakat yang tidak berdaya menjadi masyarakat yang berdaya, dari masyarakat berdaya menjadi masyarakat mendiri yang pada akhirnya akan dapat menjadi masyarakat madani seperti yang kita kita harapkan. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Perangi Kimiskinan Secara Terpadu"


Powered by www.tvone.co.id