Jangan Jadikan Koperasi sebagai alat bantu Belaka

07.13 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG - Pembentukan koperasi yang di lakukan oleh PT.IGP (Ihtiar Gusti Pudi) perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Daerah Nahaya Kecamatan Ngabang Kabupaten Landak, pada hari Selasa 21/04 di BLK Km 6 Ngabang merupakan salah satu langkah terbaik yang mana pada posisi tersebut, koperasi merupakan salah satu mitra yang secara langsung bersentuhan secara langsung dengan masyarakat y6ang ada di perusahaan tersebut.


Dalam sambutannya Ir. Syahrijal Irawan Estate Manager PT. IGP mengungkapkan, kehadiran sebuah keperasi yang ada pada perkebunan akan sangat membantu masyarakat khususnya petani yang ada, karena semua kegiatan koperasi ini akan secara langsung bersentuhan dengan para petani kebun. Selain itu katanya, koperasi ini juga di harapkan akan dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya para petani kebun di IGP.
"Memang pada hari ini adalah merupakan pembentukan dan pemilihan kepengurusan koperasi yang ada di PT.IGP dan inilah yang akan menjadi perpanjangan tangan dari perusahaan, secara langsung koperasi inilah yang secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat,"Ujarnya.
Dikatakannya, kalau di Kabupaten Landak kemungkinan saja keberadaan koperasi yang secara langsung di bentuk oleh perusahaan memang masih kurang, tetapi kalau di daerah luar memang kegiatan ini merupakan yang harus di bentuk karena berbagai kepentingan yang ada di lapangan itu semua akan di hendel oleh koperasi itu sendiri.
"jadi di dalam kegiatannya, koperasi ini akan bermitra dengan perusahaan secara langsung, termasuklah berbagai kepentingan petani ini akan ada di koperasi,"katanya.
hal tersebut katanya, dalam pembangunan sebuah perkebunan ini akan berguna sekali menciptakan kemajuan di berbagai bidang terutama membuka isolasi daerah,peningkatan pendapatan dan Ekonomi masyarakat yang ada di wilayah perkebunan.
Sehingga dalam kegiatan ini, sangatlah di perlukan kerja sama yang baik terutama untuk mencapai Visi, Menuju Ekonomi kerakyatan melalui koperasi dan kemitraan usaha, Dengan misi, Terjaminnya keamanan dan ketertiban berusaha, mewujudkan peningkatan pendapatan masyarakat petani,meningkatkan SDM dan frofesionalisme,dan Terjalinnya kerja sama dan kemitraan antara pelaku ekonomi serta tertibnya Administrasi.
"Dalam hal ini kita ingin berjalan sesuai dengan prinsip Duduk sama rendah berdiripun juga sama tinggi. artinya antara perusahaan dan masyarakat harus berjalan seiring, kita ingin membangun masyarakat kita yang ada agar dapat lebih baik ini yang kita harapkan,"pintanya.
Kegiatan tersebut selain di ikuti oleh pihak perusahaan PT.IGP juga di hadiri oleh kepala Desa yang ada di daerah areal perusahaan serta dari Pihak Disprindagkop Kabupaten Landak.
Seperti yang di ungkapkan oleh Kepala Desa Amboyo selatan M.Ibrahim Anen, bahwasanya pembentukan koperasi tersebut merupakan langkah yang terbaik bahkan pihaknya berterima kasih kepada pihak perusahaan yang telah mempasilitasi pembentukan tersebut. "Saya menyambut baik pembentukan Kopersi ini, karena melalui koperasi ini ke depannya akan dapat menjadi media Pemersatu bagi masyarakat dan perusahaan, sebagai mitra dan yang akan mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat sekitar,"harapnya
Hanya saja yang menjadi satu harapannya adalah keberadaan koperasi ini di harapkan tidak seperti pembentukan koperasi yang sudah - sudah di mana hanya ada pembentukan saja sedangkan pada gilirannya koperasi tersebut menjadi mandek dan tidak ada kabar beritanya. Untuk itu katanya, dari pihanya selaku pemerintahan Desa sangat berharap agar mulai dari pembentukan koperasi ini khususnya yang ada di PT.IGP tidak lagu seperti lagu lama dan dapat berjalan seiring dengan harapan masyarakat yang ada.
"Kita semua berharap ada perubahan baik itu pada pendapatan, tingkat perekonomian, maupun kesejahteraan masyarakat, ini yang kita minta," ungkapnya.
Senada dengan diungkapkan, Daniel, SE yang mewakili Disprindagkop Kabupaten Landak, ia mengatakan khusus di Kabupaten Landak memang sampai saat ini belum ada koperasi yang berada pada tingkap pematangan. di mana umumnya masih berada pada tingkat pembinaan. atas dasar itu ungkapnya, koperasi yang di kategorikan koperasi pada tingkatan kematangan adalah koperasi yang memang sudah di anggap bagus di berbagai hal.
"Selama ini koperasi yang ada di Landak ini rata - rata masih pada tingkat pembinaan. artinya koperasi itu antara berkembang dengan tidak, Nah di Landak ini hanya ada satu koperasi yang sudah dapat di anggap berhasil dan ini juga masih dalam persiapan menuju koperasi pematangan," paparnya.
Karena selama ini, kebanyakan koperasi itu hanya bertdiri sebatas pembentukan saja dan setelah itu hilang lenyap tanpa berita. Untuk itu Seraya meminta baik kepada pihak perusahaan maupun masyarakat khususnya pengurus koperasi agar dapat menjalankan pungsinya sebagai pengurus yang bertanggung jawab sehingga koperasi yang akan di bentuk ini dapat berjalan baik dan berhasi. kedepannya koerasi ini juga akan dapat memberikan kontribusi yang lebih baik. (wan)


You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Jangan Jadikan Koperasi sebagai alat bantu Belaka"


Powered by www.tvone.co.id