Antisipasi Kelangkaan Pupuk

15.32 Diposting oleh HERI IRAWAN
Distan Landak Akan Bangun Gudang Pupuk
NGABANG - Kelangkaan pupuk yang seringkali terjadi selama ini merupakan salah satu ancaman bagi petani khususnya di bidang tanaman pangan. sehingga dengan terjadinya kelangkaan pupuk maka akan sangat memberikan efek negatif terutama pada tingkat keberhasilan petani saat panen tiba. menurut keterangan Kadis Pertanian Ir,Pa'du Palimbong kepada Kapuas Post senin lalu mengatakan, untuk mengantisifasi kelangkaan pupuk yang sangat sering terjadi, Pemda Landak juga akan membangun gudang pupuk yang berada di kawasan Sompak Kabupaten Landak. yang mana menurutnya kehadiran gudang pupupk yang ada di Kabupaten Lanadak ini merupakan upaya Pemda agar persediaan pupuk baik jumlah maupun kesediaan pada waktu yang tepat.


"Rencananya kita juga akan membangun gudang pupuk yang ada di kawasan Sompak. tujuannya adalah betul-betul di kawasan itu tersedia pupuk baik jumlah maupun waktu yang tepat, artinya jumlahnya mencukupi waktu kapan akan di perlukan juga akan tepat," terangnya.
Karna seperti realita yang ada tahun yang lalu sangat sering terjadi keterlambatan bahkan tidak ada tersedianya pupuk bukan hanya di tingkat kios tetapi sampai di tingkat pasaran juga sangat langka. sehingga hal ini merupakan pelajaran yang cukup bearti untuk pemerintah sehingga hal ini pula yang menjadi pendorong pihaknya akan membangun salah satu gudang yang khusus menyediakan pupuk untuk kepentingan daerah ini.
"Ini rencananya akan di kelola oleh Koperasi pegawai Negeri Kabupaten Landak atau kelompok koperasi yang bisa bekerja sama dengan kios-kios yang ada," ungkapnya.
Sehingga dengan adanya gudang ini nanti di harapkan akan dapat lebih efektif dalam rangka meningkatkan keberhasilan petani di bidang tanaman pangan khususnya di daerah Kabupaten Landak.
Selain itu katanya, upaya lain yang jugta saat ini akan di laksanakan adalah uji kesuburan pada lahan yang di miliki oleh petani juga akan di lakukan. di mana alat untuk menguji tingkat kesuburan itu sendiri sudah di miliki oleh Distan Landak.
"Melalui alat pengukur ini kita akan bisa mengetahui seberapa besar tingkat baik kesuburan, keasaman tanah, layak atau tidak di tanam ini semua akan dapat di ketahui, " ungkapnya.
Selain itu juga tingkat ketersediaan pupuk yang ada di lahan ini juga akan dapat di ketahui. misalnya pada lahan persawahan itu sendiri sudah tersedia zat Urea maupun pospat dan zat lainnya akan dapat jelas sehingga, pada saat petani akan melakukan pemupukan akan dapat mengimbangi berapa jumlah yang di perlukan pada lahan tersebut.
"Selama ini kan petani kita hanya main tabur saja berapa kekurangan dan kelebihan itu tidak di ketahui. tetapi kalau kita menggunakan alat ini maka akan dapat di ketahui Ureanya kurang berapa dan inilah yang harus di lakukan bukan misalnya sekian ton harus di taburkan di areal ini. artinya ini akan terjadi penghematan,"imbuhnya. (wan)



You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Antisipasi Kelangkaan Pupuk"


Powered by www.tvone.co.id