PT Cemaru Tanaman Sawit Seluas 400 Ha

00.21 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- PT. Cemaru Lestari yang merupakan anak cabang dari Bumi Raya Indah Group yang beroperasi di Kecamatan Ngabang persisnya di Desa Amboyo Selatan, Sebirang dan Balai Peluntan awalnya gonjang-ganjing. Perusahaan perkebunan sawit ini dalam beberapa tahun silam dikatakan perusahaan yang tidak akan berhasil.
“Tapi dalam kurun 6 tahun telah dipimpin oleh Menajer Ir.Tobias Muda yang sudah berani bekerja keras, saat ini kebun ini mulai menunjukan hasil dan petani yang mendapat kebun juga merasa sejahtera,” kata Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kecamatan Ngabang Syaidan Ameng, Selasa (24/3).
Adapun kesejahteraan petani selain mampu mengatasi kebutuhan pangan juga saat ini hampir setiap petani sudah memiliki kendaraan rida dua yang sebelumnya mereka hanya pakai motor air. Selain itu, sebelum dibukanya perkebunan PT Cemaru ini, darah tersebut sangat tertinggal dan sekarang dapat dilihat secara nyata dari RT 05 Dusun Nahayak menuju Desa Sebirang dan Benua Sangku sudah boleh dilewati oleh kendaraan roda empat. “Ini terbukti karena berkat kerjasama Pemkab Landak dengan pihak perusahaan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat di bidang komunikasi dan transportasi, selain itu untuk tahun ini PT Cemaru juga sudah mengembangkan tanaman sawit seluas mencapai 400 hektara,” kata Syaidan yang mendapat informasi ini ketika Manejer Tobias Muda bertandang di kediamaanya, belum lama ini.
Lebih lanjut, Syaidan memaparkan, pengembangan sawit itu saat ini sudah selesai penanamannya. Rencana tanaman baru ini untuk penambahan kebun inti dan tahun 2010 mendatang akan diadakan penambahan lagi seluas 1000 hektare. “Alasan perusahaan, karena masih banyak penduduk yang baru berkeluarga yang sekarang belum mendapat pembagian kebun sawit,” kata Syaidan.
Sementara Manajer PT Cemaru Lestasi Ir Tobias Muda mengatakan, kerja yang diterapkan adalah tidak terlepas dari koordinasi, baik dengan petani pesarta maupun petugas di dusun dan desa di sekitar kebun yang bersangkutan. Untuk itu ia berharap petani semua dapat bekerja keras guna untuk membangun mereka agar menjadi petani yang handal dan mandiri. “Mudah-mudahan ke depan kebun kita maju lebih baik,” imbuhnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "PT Cemaru Tanaman Sawit Seluas 400 Ha"


Powered by www.tvone.co.id