SENGAH TAMILA – Kekayaan potensi perikanan yang ada di Kabupaten Landak merupakan salah satu potensi yang sangat menjanjikan apa bila di kelola dengan baik. Hal tersebut sudah sangat jelas terlihat dengan sejumlah usaha yang bergerak di bidang perikanan darat seperti kolam cukup berhasil dengan baik. “Saya mengelola Kolam ini kurang lebih sudah hampir belasan tahun yang lalu. Hanya karena permodalan yang kita miliki sangat terbatas maka sangat sulit berkembang,” Ujar Herman Pemilik kolam Unit Perbenihan Rakyat (UPR) Mina Sejahtera yang berada di Pahauman Kecamatan Sangah Temila Kabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini.
Menurutnya, memang saat ini status UPR itu sendiri masih dalam tahap pengajuan pada dinas Pertanian Kabupaten Landak, tetapi Nama tersebut pasti akan menjadi salah satu UPR.
Dikatakannya, kolam yang menempati lahan seluas 6.400 meter persegi tersebut saat ini sudah mampu memproduksi ratusan ribu bibit ikan Emas,bawal juga termasuk jenis ikan lainnya. “Di sini ada belasan ribu bibit ikan yang sudah siap di pasarkan. Karena dalam kolam saja saat ini sekitar 3000 bibit ikan di kalikan saja dengan belasan kolam yang ada dan semua ini kita peruntukan benih semua,” kata Caleg dari Partai Pis no 7 ini.
Sejak lama ia sudah berkeinginan agar daerah Kecamatan Sangah Tamila dan Mandor ini dapat menjadi salah satu daerah pengasil ikan air tawar terbesar di Kabupaten Landak. Untuk itu sebagai pemiliki, seraya juga mengeungkapkan bahwa, untuk menciptakan kondisi tersebut seraya akan memberikan bibit ikantersebut khusus pada para petani (masyarakat) yang di anggap mempunyai keseriusan untuk berbudi daya Ikan air tawar. “bibit ikan ini akan kita salurkan secara gratis kepada masyarakat yang ada di dua kecamatan yaitu kecamatan Sengah Tamila Pahauman dan kecamatan Mandor. Dan kita berharap pemberian bibit ikan ini dapat di kelola dengan baik sehingga memberikan hasil yang baik pada masyarakat,” harapnya.
Hingga saat ini masyarakat yang berkeinginan untuk memelihara ikan dan sudah minta bantuan bibit ikan tersebut sudah mencapai 700 orang. Berhubung bibit tersebut sudah sedang di bagikan maka, seraya akan memberikan bibit tersebut mulai tanggal 27 januari kemarin pada 700 petani pembudidaya ikan air tawar yang terdaftar.
“Kita dalam pemberian bibit ini tidak ada sangkut pautnya dengn pihak dinas Pertanian dan ini hanya inisiatif kita karena kita ingin berbuat pada masyarakat dan ingin masyarakat kita yang mau dapat juga berhasil dan tujuan kita adalah bagaimana masyarakat kita dapat mengelola potensi yang ada yang kita miliki ini harapan kita,” pintanya.
Sementara itu ketika diditanya mengenai apakah selama ini ada mendapat bimbingan dan arahan dari Distan Landak ? Menurutnya dari awal sampai sekarang seraya belum ada mendapat apapun dari Dinas yang ada. Sehingga dalam pengembangan potensi yang ada itu sendiri murni usaha dan upaya sendiri tanpa ada mendapatkan bantuan apapun dari Dinas yang bersangkutan.
Lebih jauh dikatakannya upaya pengembangan potensi yang ada ini juga akan terus di tingkatkan kendati selama ini seraya juga sudah sangat merasakan mempaat yang di berikan oleh hasil yang sudah di dapatkan walaupun pengembangan potensi yang ada ini sangat tergantung pada kemampuan yang ada tetapi bagaimanapun juga usaha ini akan tetap ditekuni dengan baik. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "UPR Mina Sejahtera Targetkan Sengah Tamila Daerah Penghasil Ikan Air Tawar"


Powered by www.tvone.co.id