Minta Beban Kendaraan Di Kurangi

07.54 Diposting oleh HERI IRAWAN
Jalan Serimbu Sangsut Melulu
NGABANG - Kerusakan jalan menuju Kecamatan Air Besar dan Kuala Behe yang terjadi hingga saat ini, ternyata belum juga kunjung membaik. Pasalnya pasca perbaikan beberapa waktu lalu, hanya selang beberapa bulan saja kondisi jalan tersebut kembali seperti kerusakan dahulu kala bahkan menyebabkan kendaraan yang melewati jalur tersebut kerap sekali mengalami amblas. Menurut Y. Ngalai warga Kabupaten Landak yang secara langsung melihat kondisi jalan ini mengungkapkan kepada Kapuas Post Rabu (28/01), kemarin, sebenarnya kerusakan jalan tersebut memang sangat wajar karena di samping jalan tersebut tidak mempunyai pondasi yag kuatalias kokoh juga muatan kendaraan masyarakat yang melewati jalan ini sudah melebihi kemampuan jalan yang ada. 
"Memang kalau kita lihat kondisi yang ada sekarang ini tidak bisa menyalahkan siapa-siapa. Artinya DPRD Landak menyalahkan Pemda, sementara Pemda berupaya keras memperbaiki jalan ini, sementara di satu sisi beban muatan kendaraan masyarakat yang melewati jalan ini juga sudah sangat melebihi kekuatan jalan yang ada melebih dari 5 ton," ujarnya.
padahal kalau di lihat dari kekuatan jalanyang ada memang di harapkan beban yang di angkut oleh kendaraan yang melewati jalan ini sudah harus berada di bawah itu sehingga kekuatan jalanyang ada akan dapat berimbang. 
untuk itu katanya, salah satu upaya untuk tetap menjaga kondisi jalanyang ada memang sudah saatnya masyarakat juga harus dapat lebih berperan dengan baik serta tetap ikut menjaga dan peduli pada kondisi jalanyang ada. 
"Ya kita lihat sajalah berat kendaraan yang melewati jalan ini apakah itu membawa Kayu, Karet dan bahanlainnya itu sudah melebihi kekuatan jalan, sementara bobot kekuatan jalanyang ada itu sudah jelas sangat tidak berimbang dengan beban yang ada dan inilah akibatnya. jalan yang ada akan selalu hancur," Paparnya.
Sehingga kalau kondisi jalan sudah seperti ini maka dengan sendirinya harapan masyarakat khususnya pengguna jalan itu akan sangat tergantung pada pemerintah, apalagi kerusakan jalan yng ada seperti sekarang ini dari hari ke hari sudah semakin parah. untuk itu seraya berharap agar dalam menjaga kondisi jalan ini tetap baik dan dapat selalu mendukung berbagai kegiatan dan aktivitas masyarakat yang berada di daerah kawasan tersebut, maka di harapkan pengertian dan rasa memiliki. sehingga beban atau muatan kendaraan yang mengngkut berbagai bahan angkutan agar dapat di kurangi sehingga dapat mengurangi kerusakan jalan yang ada.
Sementara itu Menurut Jero Kesjaya Melihat dari kerusakanjalanyang terjadi pada jalan Serimbu Kecamatan Air Besar dan Kecamatan Kuala Behe saat ini, memang lebih betumpu pada kurang kuatnya pondasi jalanyang ada. sehingga dengan minimnya pondasi yang ada akan menyebabkan kerusakan jalan itu akan dapat lebih cepat.
"Kalau saya melihat kondisi jalanini memang akibat dari Pondasi jalan yang kurang. sehingga dengan kondisi tersebut kekuatan jalan yang ada saat ini memang sama sekali tidak ada. kita bayangkan saja kalau dulunya jalan ini hanya di aspal di atas tanah tanpa ada sertu atau batu yang harus menguatkan badan jalan ini," Ujar Caleg dari Partai PPPI ini.
“Kalaupun kondisi jalan itu akan dapat lebih kuat dan dapat menampung beban berat kendaraan bahkan terhindar dari kerusakan seperti sekarang ini, maka pondasi jalan itu semestinya harus di tambah,” uajrnya.
Selain itu juga kualitas pengerjaan jalan itu juga yang memang harus dapat di lihat.
Tambah Caleg DPR Propinsi Kalbar ini, kalaupun jalan tersebut selalu di perbaiki kalau pondasi jalan yang ada tidak di perhatikan maka akan selalu percuma kendati dari kegiatan awal yang memang sudah memiliki kekuatan, maka setelah perbaikan pun akan sealalu rusak apalagi ditambah beban yang melewati jalan ini tidak berimbang dengan kekuatan jalan yang ada. (wan)
 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Minta Beban Kendaraan Di Kurangi"


Powered by www.tvone.co.id