Kades Patahkan Aduan Forum Pemuda Banakng

17.27 Diposting oleh HERI IRAWAN

* Proyek Pembangunan Jalan PNPM Masih Berlanjut
NGABANG- Tidak ingin ada perpecahan di warganya, Kades Keraji Paidang Kecamatan Sengah Temila M. Medi. Aj, meluruskan masalah yang disampaikan Forum Pemuda Banakn di hadapan Ketua DPRD Kabupaten Landak Minsen, SH dan Komisi B serta Komisi C DPRD Kabupaten Landak, Rabu (14/01/09).
Diakatakan M. Medi. Aj, di Desa Keranji Paidang Dusun Banakng telah masuk proyek pembangunan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Pedesaan pada tahun anggaran 2008. Justru apa yang disampikan menurut Forum Pemuda Banakn, salah diartikan. Dimana pembangunan sarana jalan mengunakan PNPM Mandiri Pedesaan sampai sekarang belum selesai, bahkan masyarakat disana masih belum puas dengan apa yang telah diberikan Pemerintah Pusat. Mereka ingin sarana jalan yang masih dikerjakan itu, kedepannya dijadikan jalan aspal. ” Apa yang dilakukan oleh saudara Stepanus Wiwin mengajak warga ke DPRD Landak merupakan langkah yang salah. Sebagai Kades, Pak Camat tidak tahu bahkan surat untuk melakukan demo itu langsung ke Kapolsek Sentah Temila. Makanya, sebelum, mereka melakukan demo di DPRD Landak, kami dipanggil Kapolsek dan Pak Camat, menerangkan kalau aksi demo itu saya tidak tahu,” katanya.
Aksi demo di DPRD Kabupaten Landak, lanjut Medi, itu sah-sah saja, apalagi negara kita ini adalah negara demokrasi, dan kita juga ada wakil di DPRD Kabupaten Landak. Secara tegas ia mengatakan, kalau program atau proyek jalan PNPM Mandiri Pedesaan pengerjaan belum selesai, sekitar 20 %, artinya pembangunan jalan itu sudah dikerjakan sekitar 80 %. ”Pasti ada yang bertanya mengapa proyek ini terkendala. Bisa saya sampaikan pertama, kita menyambut natal dan tahun baru 2009. Kedua, dari tanggal 2-13 Januari 2009, hujan dan menyebabkan banjir. Jangan masyarakat beranggapan berhentinya proyek ini, misalnya di stop oleh Kades, Camat, dan Ketua PJOK. Apa yang dituduhkan masyarakat mengatakan kecewa, dan PNPM tidak benar, saya tegaskan kembali, itu tidak benar,” jelasnya.
Medi juga belak-belakan, mengaku, proyek PNPM Mandiri Pedesaan, bukan Dusun
Banakng, tetapi Dusun Keranji Paidang. Atas inisiatip dirinya, maka masyarakat Dusun Banakng dapat program PNPM Mandiri Pedesaan, artinya supaya masyarakat kita merasakan hasil pembangunan dari pemerintah.
Ia juga mengatakan bila dilihat nilai PNPM ini, bukan Rp. 300 juta lebih, bukan hanya untuk body jalan, tapi sudah masuk jembatan, gorong-gorong, cerocok. Kalaupun ada masyarakat yang tidak puas, kita ada arsip atau data ada TPK mupun PJOK, atau fasilitator kecamatan. Jadi, lanjutnya, sampai sekarang proyek pembangunan jalan PNPM Mandiri masih berjalan, dan hari ini (kemarin, red) masyarakat sudah bekerja. ”Mereka yang melakukan demo di DPRD Landak, bisa saja tidak puas atau kecewa tidak terlibat dalam kerja. Dan bisa saja, ada oknum masyarakat mengompori warga melakukan demo ini,” katanya seraya mengatakan pembangunan jalan nyang sudah dilakukan sepanjang 4 Km lebih.
Pria berbadan tambun ini juga mengakui, apa yang disampaikan mengenai masyarakat Dusun Banakng penghasil karet alam berkisar 50 ton/bulan, hanya bohong belaka. Kalau mau jujur, imbuhnya, untuk mencari 10 ton/bulan masyarakat masih kewalahan, dan jelas itu mengada-ngada. Termasuk luas lahan sawah masyarakat Dusun Banakng, katanya 500 ha, justru yang benar hanya 50 ha. ”Apa yang disampaikan mereka ini, data yang tidak akurat.
Dan terakhir, Kades ini membantah, masyarakat Dusun Banakng terdiri dari 145 KK, dari 80 % telah memiliki kendaran roda dua. Data yang benar, adalah 118 KK. ”Saya ingin bertanya forum ini kapan dibentuk, dimana dan apa visi misinya. Termasuk Pak Camatpun bertanya, tiba-tiba main demo di DPRD Kabupaten Landak, ” tanya dia dengan nada kesal. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kades Patahkan Aduan Forum Pemuda Banakng"


Powered by www.tvone.co.id