Hindari PHK PT.DLP Upayakan Efektifitas Jam Kerja

17.23 Diposting oleh HERI IRAWAN
Komitmen Pada UMK Landak 2009
NGABANG - Kegiatan sosialisasi UMK Landak tahun 2009 dan upaya pealaksanaan Efektifitas Jam Kerja di PT DLP yang di laksanakan oleh PT DLP di gedung swadaya Ngabang Kamis (15/01) kemarin merupakan salah satu langkah mengantisipasi agar dalam perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan kelapa sawit tersebut tidak terjadi pemutusan hubungan kerja alias PHK atau di rumahkan. kendati sebagai akibat dari krisis Finansial yang terjadi secara menggelobal saat ini, tidak sedikit perusahaan yang sudah mengambil langkah dengan cara mem-PHK- kan karyawannya, sehingga bagi DLP (Daya Landak Plantation) hal seperti ini tidak harus terjadi tetapi perlu mengambil langkahlangkah sehingga antara karyawan maupun perusahaanyang ada dapat berjalan beriringan. "Memang kondisi ini sudah sangat terasa, apalagi kalau di DLP sendiri yang memang sudah mempunyai jumlah karyawan 1.289 orang dan jumlah ini sudah jauh melampaui jumlah karyawan yang sebenarnya. yang artinya PT.DLP kalau mengenai jumlah tenaga kerjanya sudah over tenaga kerja selain itu kondisi yang ada juga sudah sangat kita rasakan artinya sudah gawat ekonomilah," kata Ir.M Syarijal DM PT.DLP dalam sambutannya ketika membuka acara sosialisasi UMK Landak tahun 2009 dan upaya pelaksanaan efektifitas jam kerja di PT.DLP di gedung swadaya kamis (15/01) kemarin. kegiatan yang di hadiri oleh Camat dan jajaran Kecamatan jelimpo, Danramil, G.Simammura Kabid ketenagakerjaan Disnaker Propinsi Kalbar dan Marsianus Kabid Ketenaga kerjaan Disnakercapil Kabupaten Landak serta jajaran dari Wilmar Group maupun seluruh karyawan perusahaan PT.DLP dan tokoh masyarakat yang ada di kecamatan jelimpo. menurut Syahrijal, untuk mengantisifasi hal yang sudah terjadi di perusahaan lain, maka pihaknya tetap punya komitmen agar mem- PHK-kan karyawan itu tidak akan terjadi. sehingga langkah-langkah yang akan di ambil oleh perusahaan itu tidak lain adalah, dengan mengupayakan pelaksanaan efektifitas jam kerja yang di lakukan pada perusahaan ini.
"Caranya memang seperti itu, kita memang harus mengupayakan efektifitas jam kerja dan ini kita sesuaikan dengan UMK Kabupaten Landak yang ada sekarang. dan ini merupakan kali pertamanya untuk kabupaten baru juga sudah mempunyai UMK sedangkan daerah kabupaten lain belum ada memiliki UMK. dan kita tetap mengacu pada UMK yang ada," paparnya.
Sehingga katanya dengan menerapkan upah sesuai dengan UMK yang sudah di tetapkan oleh Pemda Landak di harapkan dapat lebih baik, karena jumlah antara UMP (Upah Minimun Propinsi) dan UMK (Upah minimum Kabupaten) memiliki kelebihan yang besar. selain itu seraya juga mengharapkan kepada karyawan yang ada dengan di berlakukannya UMK per 1 Januari ini akan dapat memberikan yang terbaik bagi masyarakat dan meningkatkan taraf perekonomian masyarakat, sehingga upah yang ada di perusahaan itu akan di sesuaikan dengan UMK yang ada dan pihak perusahaan juga akan menerapkan peng-efektifitasan jam kerja sesuai yang di tentukan.
"Mengenai jam kerja yang ada sekarang di DLP itu rata-rata 2 jam per Hari dan upahnya tetap mengacu pada UMP karena kita dulu masih belum ada UMK dan dengan adanya kegiatan ini nanti kita akan menerapkan jam kerja 4 jam dalam satu hari juga dengan standar UMK dan ini kita harapkan dapat berjalan baik karena selama ini kita merasa beban kita sudah cukup banyak sedangkan jam kerja ini memang sangat kurang," paparnya.
Sementara itu, Menurut G.Simammura Kabid ketenagakerjaan Disnaker Propinsi Kalbar Mengatakan, kalau di lihat dari jumlah tenaga kerja yang di miliki oleh PT.DLP ini memang sudah jauh melampaui target yang di tentukan. hanya etikat baik dari pihak perusahaan maka kondisi seperti ini dapat di lakukan. namun demikian katanya setelah melihat kenyataan yang ada pihaknya tetap meminta dan berharap kepada pihak perusahaan untuk tidak melakukan jalan pintas mem-PHK kan karyawan yang ada tetapi dapat memilih jalan yang terbaik sehingga baik pihak perusahaan maupun masyarakat yang ada akan dapat selamat yang artinya dapat selalu beriringan tangan membangun perusahaan yang ada. "kalau kita lihat kondisi yang ada sekarang, itu sudah banyak perusahaanyang melakukan pemutusan hubungan kerja pada karyawan mereka. tetapi untuk DLP saya harapkan itu jangan terjadi tetapi dapat melewatu jalur yang terbaik apalagi sekarang ini, Kabupaten Landak sudah memiliki UMK sedangkan daerah lain itu belum ada. dan ini sebagai bukti bahwa Pemda Landak itu sangat peduli dengan masyarakatnya," paparnya. adapun mengenai jumlah UMK untuk Kabupaten Landak tahun 2009 ini katanya, sebesar 7.41000/bulan sedangkan UMP sebesar 70,500/bulan sehingga dari jumlah antara UMK dan UMP itu terdapat selisih sebesar 36.000. Namun demikian katanya untuk sekarang perusahaan yang ada di landak, memberlakukan UMP tetapi sudah memakai UMK karena Kabupaten Landak sudah memiliki UMK. sedangkan mengenai pembayarannya tetap akan di berlakukan per bulan tetapi sesui dengan pemberlakuan efektifitas jam kerja yang ada di perusahaan. "Ini sudah dapat kita bayangkan, bagaimana kalau gaji yang di minta itu full tetapi kerjanya kurang atau tidak sesuai dengan jam kerja yang di tentukan, ini jelas tidak benar yang seharusnya kita bersama kita lakukan adalah harus sesuai dengan jam kerja. misalnya di DLP jam kerjanya 4 jam dalam satu hari maka harus 4 jam. sedangkanselebihnaya itu di hitung jam lembur dan ini harus di bayar oleh pihak perusahaan. jadi jangan kerjanya kurang dari 4 jam minta sama tidak logis dan kita juga harus memikirkan perusahaan, katanya di depan karyawan PT.DLP.
untuk itu dari penerapan UMK yang ada sekarang seraya meminta agar pihak perusahaan dapat konsisten selain itu juga kepada masyarakat yang ada di perusahaan tersebut juga harus mematuhi jam kerja yang ada di DLP sehingga dalam kondisi krisis global yang terjadi sekarang ini antara pihak perusahaan dan masyarakat kan dapat maju dan berhasil membangun bersama tanpa ada pihgak yang di rugikan. kendati ini semua demi kesalamatan perekonomian bersama. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Hindari PHK PT.DLP Upayakan Efektifitas Jam Kerja"


Powered by www.tvone.co.id