5 Set Mesin Pengasah Intan Sudah Di Terima

07.56 Diposting oleh HERI IRAWAN


Landak Bakal Punya Galeri Intan
NGABANG - Setelah menerima satu set mesin pengasah Intan beberapa waktu lalu, kini Pemda Kabupaten Landak kembali menerima 5 set lagi mesin untuk pengasah intan yang merupakanbantuan dari Departemen Perindustrian dan perdagangan pusat Jakarta. adapun ke-5 mesin tersebut telah di terima oleh Pemda yang dalam hal ini Disprindagkop Kabupaten Landak tiga hari lalu merupakan peralatan yang sudah di usulkan beberapa waktu lalu. 
"5 buah mesin ini sudah kita terima 3 hari lalu, kalau yang lama itu sudah kita operasikan dan yang ini juga dalam waktu dekat segera akan kita pasang dan ini semua merupakan bantuan dari pemerintah pusat untuk Kabupaten Landak," ujar Ir. Masda Kabid Perindustrian Dinas Prindagkop Kabupaten Landak Rabu (29/01), kemarin.
Menurutnya peralatan mesin yang di terima kali ini terdiri dari mesin untuk pemotongan Intan, pengasah,pembulatan dan pembentukan Intan, yang dapat sekaligus membentuk berbagai bentuk Intan yang akan di produksi sehingga dapat lebih baik sesuai dengan keinginan. 
"Kita sudah dapat berbangga hati, di mana mesin untuk menngasah intan sudah di miliki daerah ini artinya Intan yang di hasilkan nanti sudah tentu tidak harus kita proses ke daerah luar tetapi cukup di daerah kita saja apalagi kalau daerah kita sendiri sudah sangat di kenal dengan daerah penghasil intan yang terbesar," paparnya.
Dari sisi pemanfaatan mesin tersebut memang inilah yang masih menjadi kendala dimana sampai saat ini pihaknya juga masih belum mempunyai gedung khusus untuk menempati mesin yang ada. Sehingga ini yang harus diambil jalan keluarnya supaya peralatan yang ada segera dapat dioperasikan. "Sebenarnya kalau mengenai penempatannya inikan sudah bagian dari Pemda artinya Pemda dapat menyiapkan tempatnya sedangkan kiat mengajukan usulan untuk mendapatkan bantuan, apalagi saat ini kita sendiri tidak mempunyai anggaran untuk membangun gedung untuk peralatan tersebut," ucapnya. 
Namunpun demikian katanya, pihaknya tetap berupaya mencari jalan keluar mengenai mesin tersebut sehingga dapat di pergunakan.
Ditempat terpisah, Alfius.S.Sos, Kadis Prindagkop Kabupaten Landak mengungkapkan, mengenai pemanfaatan mesin pengasah Intan yang baru saja di terima ini sudah mendapat tempat, dan siap akan di pasang walaupun masih menempati rumah kosong yang ada di samping Kantor Disprindagkop. "Mengenai penempatannya sudah kita pastikan dan siap akan kita pasang walaupun masih menempati rumah yang kosong di sebelah kantor dan ini nanti secara bertahap akan kita bangun tempat khusus untuk mesin pengasah intan." terangnya.
Dengan adanya mesin untuk pengasah intan ini, maka sudah dapat di pastikan mengenai pengolahan Intan yang di hasilkan oleh daerah ini dapat di kelola di Landak bukan harus keluar lagi.
Selain itu mengenai pengoperasian mesin tersebut juag akan segera akandi lakukan hanya saja masih perlu persiapan dan pelatihan bagi tenaga yang akan menjadi tenaga yang menangani pengasahan Intan. "Inikan kedepannya akan kita lengkapi dengan berbagai aturan. artinya bukan hanya aturan-aturan saja tetapi juag akan kita lengkapi dengan Perda (Peraturan Daerah) yang kita harapkan nantinya Intan Landak ini juga akan mendapatkan sertifikasi ini akan  lebih baik sehingga dapat menambah PAD Daerah Kabupaten Landak," ungkapnya.
Ia mengharapkan dari sisi penghasilan bukan hanya masyarakat saja yang mendapatkan penghasilan dari bahan galian itu tetapi Pemda juga akan mendapat bagian dari PAD-nya. Walaupun secara bertahap, tetapi hal ini akan di laksanakan demi perkembangan dan peningkatan PAD Kabupaten Landak. "Kedepannya juga kita sudah berencana akan membangun Galeri khusus yang menjual Intan. karena kalau sekarang inikan Kabupaten Landak hanya menyandang namanya saja daerah penghasil intan sementara intannya tidak kelihatan. Tetapi kala kita sudah memiliki galeri khusus maka masyarakat akandapat melihat langsung seperti apa intan yang sebenarnya," katanya. 
Dengan berdirinya galeri itu nanti diharapkabn akan dapat membuktikan bahwa Kota Ngabang khususnya Kabupaten Landak adalah merupakan daerah yang mengahasilkan Intan dan ini di harapkan dapat menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung daerah ini bahkan Intan sendiri dapat akan menjadi salah satu produk unggulan daerah Kabupaten Landak.(wan)   
 
 
 
 
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "5 Set Mesin Pengasah Intan Sudah Di Terima"


Powered by www.tvone.co.id