Gelar Pasukan Operasi Lilin 2008

08.59 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG - Gelar Pasukan Ops Lilin 2008 dalam rangka Pengamanan Hari Raya Natal 2008 dan Tahun Baru 2009 digelar di halaman Mapolres Landak (23/12) dengan Irup Kapolres Landak AKBP Drs Tony EP Sinambela, MSi. Gelar pasukan diikuti oleh ratusan personil anggota jajaran Polres Landak yang terlibat Ops Lilin 2008 , Armed, Sub Den Pom, Sat Pol PP, dan instansi terkait lainnya.
Acara Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai upaya konsolidasi dan pengecekan persiapan personil maupun sarana pendukung lainnya sehingga diharapkan dalam pelaksanaannya nanti Polres Landak dengan dukungan dari TNI/Instansi terkait serta Potmas lainnya dapat melaksanaan pengamanan Hari Raya Natal 2008 dan Perayaan Tahun Baru 2009 dengan aman, lancar, damai dan kondusif.
Dalam kata sambutan Kapolri Jendral Polisi Drs. H. Bambang Hendarso Danuri, MM, kapolres mengatakan Gelar pasukan Operasi Lilin ini mengedepankan kegiatan Harkamtibmas yang didukung kegiatan Intelijen dan Penegakan hukum dalm menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif, sehingga masyarakat dalam melaksanakan Hari Raya Natal dan Tahun Baru bisa berjalan aman dan nyaman.
”Operasi Lilin yang dilaksanakan secara terbuka dan tertutup dengan menitikberatkan kegiatan terbuka dengan menempatkan pasukan Polisi berseragam di tempat-tempat rawan Macet, rawan laka, tempat ibadah, pusat perbelanjaan, dan pusat rekreasi,” katanya.
Target operasi ditujukan pada Pelaksanaan perayaan Natal dan tahun baru 2008 bisa berjalan aman, nyaman serta berjalan tertib, Terciptanya situasi kamtibmas, Mencegah dan menggagalkan pelaku atau oknum yang ingin menggagalkan perayaan tersebut, Termasuk menangkap, menyita barang bukti yang akan dipergunakan oleh pelaku, Pelaksanaan operasi akan berlangsung sejak tanggal 23 Desember 2008 hingga 2 Januari 2009 dan akan melibatkan sebelas ribu personil Polri seluruh jajaran Polda.
Ditambahkannya setiap memperingati hari raya keagamaan selalu identik dengan pulang kampung. Demikian juga dengan perayaan natal tahun 2008 dan tahun baru 2009 ini, masyarakat juga melakukan mudik untuk merayakan hari raya tersebut. “Masyarakat yang melakukan mudik ini otomatis keadaan rumahnya akan kosong. Tentunya bisa saja ancaman tindak kejahatan seperti pencurian bisa terjadi kapan saja. Tapi kita tetap melakukan tindakan prefentif berupa patroli ke tempat-tempat yang dianggap rawan seperti perumahan, rumah ibadah dan tempat hiburan malam, pusat perbelanjaan yang akan dilakukan pada pengamanan malam tahun baru nanti,” kata Tony yang baru saja menjabat Kapolres Landak ini.
Selain itu, Polres juga menempatkan pos-pos pengamanan natal dan tahun baru diempat titik yang ada di Landak. Kelima titik tersebut yakni di Mandor, Pahauman, Km 20, Ngabang dan Mempawah Hulu. “Sedangkan kekuatan yang akan dikerahkan sebanyak dua pertiga kekuatan dari Polres Landak. Kita juga mendapat bantuan pengamanan dari unsur TNI, Dinas Perhubungan Landak dan masyarakat seperti FKPM,” tuturnya.
Ia mengharapkan selama perayaan natal dan tahun baru nanti situasi dan kondisi Kamtibmas di Landak bisa berlangsung aman dan terkendali. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Gelar Pasukan Operasi Lilin 2008"


Powered by www.tvone.co.id