NGABANG - Salah satu akibat yang sudah terjadi terhadap masyarakat sebagai akibat dari kegiatan pertambangan baik Emas maupun pengambilan Batu (sertu) maupun pasir dan tanah adalah dengan berkurangnya pungsu tanah dan terjadi danau butan yang di akibatkan oleh aktifitas pertambangan. sedangkan akibat lain yang justru sangat berdampak buruk pada kehidupan adalah dengan tercemarnya berbagai sumber air yang ada di sejumlah sungai yang menjadi sasaran pertambangan. "Sebenarnya yang dapat di sebut ilegal itu bukan hanya pertambangan emas yang tidak memiliki ijin saja tetapi, pengambilan batu, pasir, dan tanah yang tidak memiliki ijin itu juga dapat di katakan ilegal karena mereka, tidak memiliki ijin jadi bukan hanya pertabangan emas saja," ujar Telly Yolaga, Kadis Pertamben dalam kegiatan sosialisasi Motigasi bencana Geologi yang mengambil tema pemanggulangan bencana geologi akibat kegiatan pertambangan tanpa ijin di Aula Bapeda Ju’ mat (19/12), kemarin.
Hadir dalam kegiatan itu seluruh Kades yang ada dei Kecamatan Ngabang, Jelimpo, dan Menjalin sedangkan Mandor yang hadir hanya Camatnya. Hadir juga perusahaan pertambangan Gapura Group yang di wakili oleh Alex Qran, Tius Purwanto dan Agus Kusumo dari Dispertamben Propinsi Kalbar serta tokoh masyarakat yang ada di 3 kecamatan tersebut.
Diakataknnya, kegiatan ini akan sangat mengandung resiko yang cukup besar sehingga sangat perlu di pahami oleh masyarakat yang menjadi pelaku usaha pertambangn secara terbukan, karena ktatanya, sebagai akibat dari kegiatan ini maka kedepannya akan sangat mengancam berbagai kondisi baik lingkungan maupun semua ekosistim yang ada di permukaan bumi ini. "ini memang harus di pahami oleh masyarakat, bumi kita cuma satu tidak ada yang lainnya. kalau saja bumi yang ada ini sudah rusak berat lalu di mana lagi kita akan tinggal, dan bumi juga akan marah dan akibat ini yang harus segera di cegah supaya tidak meluas karena ini akan sangat buruk akibatnya bagi manusia itu sendiri," paparnya.
Untuk itu katanya, melalui kegiatan ini di harapkan kepada Camat maupun Kades yang hadir serta tokoh masyarakat agar dapat menyampaikan hal serta akibat dari kegitan pertambangan yang di lakukan dan ini adalah demi kebaikan bersama. Sehingga katanya dengan demikian, kata nya dengan adaya kegiatan ini di harapkan akan dapat di pahami oleh masyarakat luas sehingga kedepannya dampak itu akan dapat dicegah dan diperkecil. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Dispertamben Landak Lakukan Penanggulangan Bencana Geologi"


Powered by www.tvone.co.id