Kemelut Varietas Ciherang Yang Tak Berlabel

02.11 Diposting oleh HERI IRAWAN

NGABANG- Wakil Ketua DPRD Landak Klemen Apui SIP, legislator dari Partai Golkar, kembali mempertanyakan benih padi varietas Ciherang yang disalurkan CV. MBA kepada sejumlah kelompok tani di Kabupaten Landak ini tanpa lebel dan tidak lulus laboraturum saat didroping. Tapi instansi terkait belum ada tindakan. “Benih malah sudah dibagi kepada petani, padahal tidak memenuhi standar sehingga petani dirugikan dan harus diganti,” cecar Klemen Apui SIP legislator dari Partai Golkar kepada waratawan, dua hari lalu di Ngabang.
Menurutnya, pengadaan benih padi yang dianggarkan dalam APBN dan APBD 2008 itu menyedot dana tidak sedikit, dan salah satu perusahaan mendapat hak untuk pengadaan varietas Chherang tersebut. Tapi, perusahaan pemenang tender menyalurkan benih kepada petani tidak sesuai standar. “Anehnya lagi, tak lulus di laboraturium masih disalurkan, dan label dikirim belakangan. Ini namanya penipuan dan perlu ada tindakan tegas sesuai hukum yang berlaku,” tegas Apui yang menjabat Wakil Ketua DPRD Landak ini.
Untuk itu, pengawasan pengadaan bibit padi dari instansi terkait juga dipertanyakan, kelompok tani harus diberikan ganti rugi. Selain itu, penyaluran juga terlambat padahal ketok palu APBD 2008 sudah lama. “Sekarang sudah akhir tahun anggaran, jika mau diganti kapan lagi,” ujarnya.
Ia meminta kepada instansi terkait agar bertindak tegas, karena dengan ulah pihak kontraktor selaku penyedia bibit padi yang menjadi tumbal adalah petani. Karena dengan bibit padi yang tidak sesuai standar pastinya hasil tani tidak sesuai keinginkan. “Nanti petani malah yang disalahkan dianggap tidak merawat tanamannya, padahal memang bibit padi yang sejak awal tak bermutu,” ungkapnya seraya mempertanyakan peran aktif KTNA dan PPL, selama ini.
Ditempat berbeda Alidin, SH, anggota legeslatif dari Landak 4 (empat), menyangkan sikap Kadis Pertanian, dalam penanganan ini lambat dan bertele-tela. Malah Alodin, meminta bila terjadi penyimpangan kearah pidana, maka kasus ini harus dimajukan pihak kepolisian. “Kita minta ada tanggungjawab dari Kadis Pertanian, dalam menyelesaikan masalah ini. Kasihan petani, mereka berharap mendapatkan padi yang baik, tapi kenyataan dilapangan varietas padi jelak dan tidak bermutu,” tegasnya. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kemelut Varietas Ciherang Yang Tak Berlabel"


Powered by www.tvone.co.id