Hari Ini, Bupati Lepas Calhaj Landak

18.41 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Sebagiman diberitakan sebelumnya persiapan Calon Jamaa aji (calhaj)Tahun 2008 untuk berangkat ke tanah suci yaitu Arab Saudi terus dilakukan. Bila tidak ada halangan, Selasa (18/11) hari ini, Bupati Landak Dr Drs Adrianus AS, melepas 47 calhaj Kabupaten Landak di Masjid Jami Keraton Landak.
Dikatakan Kepala Seksi (Kasi) Urais dan Penyelenggara Haji Kandepag Landak H. Syamsul Bahri, S.Ag mengatakan jumlah kuota haji Landak berdasarkan kepetusan Gubernur Kalbar No. 397 tahun 2008 tentang penetapan kuota jamaah haji se Kalbar bahwa Landak mendapat jatah sebanyak 47 orang. “Alhamdulillah calhaj kita ini sudah melunasi semua biaya perjalanan haji dan siap diberangkatkan. Dari 47 calhaj Landak, laki-laki berjumlah 21 orang dan perempuan 26 orang. Rinciannya, 36 orang dari Kecamatan Ngabang, 2 orang dari Kecamatan Air Besar, 4 orang dari Kecamatan Sengah Temila dan 5 orang dari Kecamatan Mandor,” ujar Syamsul.
Dari 47 calhaj Landak, lanjutnya, terdapat 1 petugas Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) dari Pemkab Landak.
Dikatakannya, kuota haji untuk tahun 2009 mendatang sudah terpenuhi sebanyak 47 jamaah. Ke 47 jamaah haji itu siap di entrykan untuk mendapatkan nomor kursi. Bahkan tahun 2010 mendatang calhaj yang mendaftar sudah mencapai 30 orang. “Untuk calhaj tahun 2008 ini kita sudah melaksanakan manasik haji masal. Kemudian, calhaj Landak juga sudah melaksanakan pemeriksaan kesehatan dan suntikan maningintis yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Landak bekerjasama dengan RSUD Landak,” paparnya.
Calhaj Landak akan tergabung dalam kloter 16 yang berjumlah 450 orang. Itu terdiri dari Landak 47 orang, Kabupaten Pontianak 256 orang, Kabupaten Bengkayang 47 orang dan Kota Pontianak 100 orang. ”Dari 47 calhaj Landak ini ada 6 orang yang mutasi ke Pontianak. Artinya berangkat dari Pontianak. Dalam kloter 16, dipimpin 1 orang ketua kloter, 1 orang tim pembimbing ibadah haji Indonesia, 1 orang dokter, 2 orang tenaga medis dan 1 orang TPHD,” jelasnya. Ia menambahkan, untuk pemondokan jamaah haji Landak di Makkah yakni di Aziziyah Zanubiyah yang jaraknya lebih kurang 7 Km dari Masjidil Haram. Sedangkan maktabnya nomor 26 dengan nomor rumah 370, 371 dan 372. Kemudian suhu di Makkah saat ini mencapai 10-15 derajat. ”Ini masih normal. Tapi perlu diantisipasi bahwa kemungkinan saja pada saat jamaah berangkat suhunya bisa saja mencapai 8-10 derajat. Jadi ini perlu diantisipasi oleh jamaah,” imbaunya.
Untuk keberangkatan calhaj Landak dari Ngabang menuju asrama haji Pontianak akan dilaksanakan 18 November mendatang. Calhaj Landak akan nginap selama 1 malam di asrama haji Pontianak. ”Kemudian 19 Nopember pagi calhaj Landak bertolak ke Batam dan nginap 1 malam di Batam. Selanjutnya, keesokan malamnya, 20 November calhaj diterbangkan dari Batam menuju Jeddah Al Mukaramah. Kepulangan terakhir jemaah haji Landak atau kloter 16, pada 30 Desember sudah kembali ke Batam. 31 Desember kembali ke Pontianak dan khusus jamaah Landak langsung pulang ke Landak,” tukasnya.(wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Hari Ini, Bupati Lepas Calhaj Landak"


Powered by www.tvone.co.id