Kapolres: Polisi Tidak Memihak PT. IPM

12.30 Diposting oleh HERI IRAWAN

Kemelut di PT. IPM
NGABANG- Demo yang dilakukan masyarakat Dusun Sebadok, Berinang dan Dusun Bansal Desa Temahar Kecamatan Ngabang ke Kantor Bupati Landak dua hari lalu, tidak hanya menuntut perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Indoresin Putra Mandiri (IPM) untuk mencabut patok Hak Guna Usaha (HGU) dilahan masyarakat, masyarakat juga meminta klarifikasi dari Polres Landak. Sebab sebelumnya ada isu yang beredar bahwa jika masyarakat melakukan demo di kantor PT. IPM, akan ditembak.
Menanggapi hal ini Kapolres Landak AKBP Drs. Subnedih, SH yang ikut juga dalam pertemuan masyarakat dan Pemkab Landak, Kamis (4/9), di ruang rapat Bupati Landak, menegaskan tidak ada perintah ditempat bagi masyarakat yang hendak demo di kantor PT. IPM. “Jadi tidak ada perintah demikian. Masyarakat jangan berpikir bahwa Polres memihak kepada perusahaan,” tegasnya.
Dikatakan mantan Komandan Satuan (Dansat) Brigade Mobil (Brimob) Polda Kalbar ini, Polres Landak memang sudah lama melakukan pengamanan di areal kebun kelapa sawit PT. IPM. Pengamanan itupun atas permintaan perusahaan sendiri. “Inikan sudah menjadi kewajiban polisi untuk memberikan rasa aman. Jadi kami hanya sebatas melakukan pengamanan saja. Apalagi tugas pengamanan ini memang sangat berat,” katanya.
Pengamanan yang dilakukan Polres Landak inipun bertujuan supaya tidak terjadi kekacauan dilingkungan perkebunan. Pada prinsipnya ia tidak menginginkan adanya benturan diantara masyarakat dan pihak perusahaan sendiri. “Itu tujuan kami, tidak ada maksud yang lain dalam pengamanan ini. Kami tidak memihak siapapun, kami tetap berada ditengah-tengah. Kita lakukan pengamanan supaya tidak timbul kerugian antara dua belah pihak, baik perusahaan maupun masyarakat akibat permasalahan ini,” jelasnya.
Lagipula, tambahnya, pengamanan yang dilakukan Polres inipun berdasarkan peraturan perundang-undangan. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Kapolres: Polisi Tidak Memihak PT. IPM"


Powered by www.tvone.co.id