Pemkab Mesti Sediakan Lapangan Pekerjaan

17.39 Diposting oleh HERI IRAWAN
Ngabang- Setiap tahun ajaran, tidak sedikit anak yang tamat sekolah di tingkat SMA tak melanjutkan sekolah ke tingkat perguruan tinggi, hal ini akibat berbagai faktor terutama masalah ekonomi yang tak mendukung. Begitu juga halnya anak yang tidak tamat tadi mereka akan menjadi pengangguran yang siap mencari pekerjaan, tapi sayang lapangan pekerjaan yang diharapkan juga tak tersedia.
Namun beruntung bagi anak yang mampu melanjutkan ke jenjang pendidikan di tingkat perguruan tinggi, tetapi bagaimana nasib anak sekolah yang tak melanjutkan sekolahnya, itulah persoalan yang masih mencari jawabannya.
Di Kabupaten Landak, hampir anak sekolah tamatan SMA tidak dapat melanjutkan sekolah di tingkat perguruan tinggi. Ketidakmampuan dan ketidakberdayaan ekonominya membuat anak-anak yang tidak berprestasi bahkan yang berprestasi sekalipun siap menjadi anak-anak yang putus sekolah dan sekaligus putus harapan. Cita-cita yang telah diimpikan akan sirna ditelan getirnya hidup saat ini. “Saya ingin melanjutkan kuliah, tapi karena keluarga kami dari keluarga tak mampu saya batal kuliah,” ungkap salah satu warga Ngabang, Sudar, kepada KP, dua hari lalu.
Sudar mengatakan, dirinya tak melanjutkan kuliah karena ekonomi keluarga yang tak mampu. Untuk melanjutkan SMA saja dirinya hampir tak mampu, terutama biaya sekolah yang sudah tinggi. Sementara hasil pendapatan keluarga dari hasil nyadap karet tak seberapa, ditambah harga karet yang tak menentu membuat keluarga Yulius tak berdaya. Karena tekat yang kuat dan dorongan cita-cita Yulius mampu melanjutkan sekolahnya sampat ketingkat SMA.
“Syukur juga saya masih mampu menamatkan SMA ini, kalau tidak bagaimana nasib saya ini. Untuk mendapatkan pekerjaan minimal tamatan SMA jadi apabila tak tamat maka sia-sialah perjuangan saya selama ini,” terang Sudar tamatan SMAN Ngabang. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Pemkab Mesti Sediakan Lapangan Pekerjaan"


Powered by www.tvone.co.id