Jadikan Air Besar Kawasan Konservasi

17.37 Diposting oleh HERI IRAWAN
Ngabang- Kawasan hutan perawan masih banyak ditemukan di Kecamatan Air Besar. Bukan hanya terkenal dengan hutannya, kecamatan yang beribukota Serimbu juga memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Selain itu, juga kecamatan penuh sejarah, karena di daerah paling ujung Landak ini, pada masa kemerdekaan, tempat basis perlawanan para pejuang.
“Tidak salah kalau kecamatan Air Besar dijadikan kawasan konservasi alam. Karena memiliki hutan lebat, masih perawan dan asri. Banyak air terjun bisa dijumpai di daerah itu. Makanya, Pemkab Landak harus menjadi kecamatan itu dari aksi pembabatan hutan,” kata pecinta alam asal Kota Pontianak, Yayansaat bertandang ke Kapuas Post, kemarin.
Menurutnya yang baru saja pulang dari Serimbu, dia sangat terpesona dan takjub dengan keindahan dan kekayaan yang dimiliki Air Besar. Tidak hanya memiliki kawasan hutan cukup luas, tapi memiliki keindahan yang menakjubkan. Contoh, Air Terjur Malanggar, sangat indah dan mungkin terindah di Kalbar. Belum lagi air terjun yang lain yang tidak kalah indahnya.
“Semua itu harus dijaga oleh Pemkab Landak maupun warganya sendiri. Jangan ada lagi pembabatan hutan sembarangan. Jika hutan yang cukup luas
ini tidak dijaga, saya khawatir Landak akan kekurangan sumber daya air. Ancaman bencana banjir pasti melanda warga Landak yang terutama bertempat tinggal di sepanjang Sungai Landak,” ingat dia. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Jadikan Air Besar Kawasan Konservasi"


Powered by www.tvone.co.id