Bupati Tancapkan Tiang Pertama Jembatan Kuala Behe

13.10 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG – Penancapan tiang pertama pembangunan jembatan Kuala Behe
Kabupaten Landak di lakukan oleh Bupati Kabupaten Landak DR. Drs.Adrianus AS.M.Si, Selasa (15/7) lalu. Dimana pembangunan proyek tersebut masih memakai sistem multiyears dengan paku dana sebasar kurang lebih Rp.10 miliar dari APBD Landak tiga tahun dari 2007- 2009 dengan panjang 80 meter, lebar 7 meter dan 60 meter kerangka baja bantuan daru pemerintah pusat.
Bupati Adrianus merasa bersyukur karena Kabupaten Landak khususnya Kecamatan Kuala Behe mendapat program membangunan jembatan yang menghubungkan antara Kuala Behe-Engkanyar-Temuwe-Mungguk-Meranti dan Ngabang. “Kita terima kasih kepada masyarakat Kuala Behe atas partisipasinya menyerahkan lahan untuk mensukseskan pembangunan jembatan ini, walaupun tidak sebanding harga di pasaran,” ungkapnya.
Adrianus berpesan, jika jembatan Kuala Behe-Engkanyar tersebut sudah rampung sekitar Juni 2009 nanti agar masyarakat dapat menggunakan jembatan tersebut dengan semaksimal mungkin. Masyarakat juga bisa memanfaatkan lahan kosong disekitar jembatan untuk tanaman bermanfaat.
“Jangan dibiarkan lahan kosong, jika ada lahan yang belum ditumbuhi bisa ditanami seperti karet, apalagi harga karet saat ini sangat mahal mencapai Rp.17000 per kilogram,” ujar Adrianus.
Diharapkan, dengan dibangun jembatan Kuala Behe tersebut dapat membawa kesejukan, ketentraman, kebahagian dan kesejahteraan bagi masyarakat Kuala Behe dan Kabupaten Landak khususnya. Karena, untuk merubah Kuala Behe dari daerah yang terpencil memerlukan biaya dan waktu tidak sedikit. “Perubahan ini masih relatif lebih gampang, perubahan yang paling penting adalah perubahan manusia sikap mental dan cara berpikirnya,” kata Adrianus.
Sementara itu Ir. Irawadi, MM, Kabid Bina Marga Dinas PU Kabupaten Landak ketika di hubunggi KP, mengatakan jembatan yang akan menghubungkan Kecamatan Kuala Behe dengan sejumlah daerah yang ada di kawasan tersebut seperti Ngkalong, Ngkanyar,meranti, Darit,Mungguk, Ngabang, Tengue dan Pare masing-masing menuju kuala Behe akan segera di mulai setelah di lakukan penancapan tiang pertama ini.
Menurutnya jembatan yang akan di mulai pembangunannya tersebut dengan panjang bentang jembatan 80 meter yang terdiri dari 60 meter rengka baja dan 20 meter
gerder baja. Sedangkan lebar total jembatan mencapai 7 meter dan lebar
lalu lintas 6 meter oleh Inti usaha makmur dengan nilai kontrak sebesar Rp.10.029.500.000.00 dengan waktu pelaksanaan selama 600 hari. “Kita harapkan pelaksanaan kegiatan ini tidak ada hambatan sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang kita harapkan. Ya, mestinya dari penancapan tiang pertama ini sampailah dengan pembangunannya tidak akan ada masalah,” harapnya.
Pembangunan jembatan tersebut akan dapat berjalan baik karena pembangunan jembatan itu juga di perkirakan sesuai dengan kontrak, pembangunan jembatan tersebut akan selesai pada tanggal 30 juni 2009 mendatang. Karena jembatan tersebut juga merupakan bantuan dari pemerintah pusat sehingga di harapkan pembangunannya harus dapat selesai sesuai dengan kontrak yang ada. Sedangkan untuk pembangunan pondasi bawah jembatan di lakukan menggunakan DAU (Dana Alokasi Umum) juga termasuk pembangunan gerder jembatan dan jalan pendekatnya juga menggunakan DAU Pemda Landak. “Kalau untuk pembangunan jalan utama dari jembatan tersebut nantinya juga akan segera di bangun hanya saja tidak dapat sekaligus karena terbatasnya anggara yang di miliki sehingga pembangunannya akan di lakukan secara bertahap,” ungkapnya.
Menurutnya untuk pembukaan jalan dari kuala behe menuju ke Ngkanyar juga akan segera di lakukan pembukaan badan jalan dan akan di teruskan sampai dengan sejumlah daerah yang ada sehingga pada tahun 2009-2010 jalan-jalan yang ada di daerah tersebut sudah dapat memasuki tahap pengerasan. Untuk itu harapnya, yang sangat di harapkan dalam hal ini adalah dukungan serta ikut menjaga keamanan dan kelancaran dalam pembangunan ini sehingga pihak yang melaksanakan pekerjaan dapat bekerja
dengan baik. “ Harapan kita masyarakat juga harus dapat berpartisifasi dalam pembangunan ini terutama dalam menjaga keamanan sehingga pembangunan jembatan ini akan dapat berjalan lancar,” tukasnya.
Dengan demikian, target penyelesaian pekerjaan jembatan pada tanggal 30 juni 2009 mendatang dapat tercapai tepat waktu. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Bupati Tancapkan Tiang Pertama Jembatan Kuala Behe"


Powered by www.tvone.co.id