Siswa SMK Terpadu Ngabang 70 Persen Gagal

15.58 Diposting oleh HERI IRAWAN

Siswa SMK Terpadu Ngabang 70 Persen Gagal
Ngabang- Seluruh siswa SMA/MTs se Indonesia, termasuk Kalbar umunya dan Kabupaten Landak khususnya, Sabtu lalu menerima amplop kelulusan. Konsukwesninya pasti ada yang gembira bila lulus dan sedih bila tidak lulus.
Pantuan Kapuas Post dilapangan, di beberapa SMA/MTs dalam Kota Ngabang, ada sekolah tingkat kelulusan mencapai 100 persen, sebaliknya ada pula sekolah tingkat kelulusan hanya mencapai 70 persen. Seperti yang dialami SMK Terpadu Ngabang, menurut Kepsek SMK Terpadu, Drs. Paulus Djbudjang menerangkan sekolah yang dipimpinnya hanya 14 siswa lulus, dari 67 siswa mengikuti Ujian. Dengan rincian ada 2 jurusan mengikuti ujian tahuan pelajaran 2007-2008 di SMK Terpadu, yaitu jurusan Budidaya Tanaman 2 siswa lulus dan jurusan Otomotif 12 siswa lulus. “Kalau kita presentasikan tingkat kelulusan sekolah kita hanya 20, 90 persen, sedangkan presentasi tidak lulus mencapai angka 70.10 persen,” katanya.
Dijelaskannya juga, rata-rata nilai ujian di SMK Terpadu Ngabang bidang studi Bahasa Indonesia 5, 87 , Bahasa Inggris 4, 62 dan Matematika 3.42. Nilai terendah Bahasa Indonesia 3,20 , Bahasa Inggris 2,40 dan Matematika 2,00. Sedangkan nilai tertinggi Bahasa Indonesia 8,20, Bahasa Inggris 7,40 dan Matematika 5,50.
Disinggung adanya tindakan tidak baik bagi siswa tidak lulus terhadap pot-pot bunga sekolah? Pria tambun ini menegaskan, sikap tidak terpuji anak didiknya bisa dikatakan spontan dan tidak ada rekayasa, untuk merusak sekolah yang sudah dihuninya selama 3 tahun belajar disana. “Ketika kejadian ada beberapa anggota Polisi berjaga-jaga. Perbuatan itu masih kita toleransi, yang terpenting mereka tidak berbuat anarkis,” katanya.
Untuk mereka yang tidak lulus itu, lanjut Paulus, anak didiknya diberikan kesempatan untuk mendaftar ulang dan berlajar mengikuti mata pelajaran seperti biasanya. “Dari sekian banyak anak didiknya tidak lulus, ada datang perwakilan orang tua menanyakan ketidak lulusan anaknya. Sebagai Kepala Sekolah saya menjelaskan masalah yang dihadapi anaknya, dan orang tua mereka akhirnya mau mengerti,” jelasnya.
Bagaimana dengan sekolah lainnya, SMAN 1 Ngabang, boleh berbangga, tingkat kelulusan mencapai 100 persen.
“Di SMA Negeri 1 Ngabang, mengikuti ujian ada 168 siswa, dimana jurusan IPA ada 83 siswa dan jurusan IPS 85 siswa,” kata Kepsek SMAN Negeri I Ngabang Drs. Asoardi Ador, kepada Kapuas Post, dua hari lalu di ruang kerjanya.
Sekolah ini juga tersenyum, dari 168 siaswa, 15 siswa diantara berhasil masuk Universitas Tanjungpura Pontianak tanpa test, kemudian 2 siswa masuk Perguruan Tinggi Swsata (PTS) tepatnya di Setia Abdi Wacana Salatiga Jawa Tengah. Menyusul 1 siswa masuk Perguruan Tinggi Swasta Universitas Pelita Harapan Surabaya dan ditambah 1 siswa masuk di Fakultas Kedoktoran Universitas Tanjungpura Pontianak. “Ini merupakan kebanggan kita bersama dan keberhasilan ini tidak lain berkat kerjasama siswa, orang tua siswa, komite sekolah, DPRD Landak dan komitmen Diknas Landak dalam memperbaiki dunia pendidikan,” tandasnya.
Dia juga mengatakan bila ada siswa yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan lebih tinggi seperti melanjutkan di Universitas, siswa akan diberikan Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN). “Maunya kita secepatnya mereka dapat izasah, tapi kita masih menunggu. Sedangkan untuk pendafataran siswa baru tahun ajaran 2008-2009 dimulai tanggal 30 Juni -12 Juli 2008 mulai pukul 07.00-12.00 wib,” katanya seraya mengatakan bila peserta membludak akan dilakukan test, bila peserta minim akan dilakukan melalui selaksi NEM.
Tingkat kelulusan 100 persen, tidak hanya milik SMA Negeri 1 Ngabang, MAN Ngabangpun mengalami nasib bahagia. Malah tahun pelajaran 2007-2008 kali ini mendapat predikat paling tinggi tingkat MAN se Kalimantan Barat.
Seperti diungkapkan Kepsek MAN Ngabang Muhamad Sabirin, S.Ag, MAN Ngabang mengikuti ujian ada 98 siswa, dengan 2 jurusan IPA 24 siswa predikat kelulusan 100 persen dan IPS 98, 77 persen.
Lebih jauh dia mengatakan untuk jurusan IPA nilai tertinggi mencapai 40.30, niali terendah 41.,55 dan terendah 44,11. sedangkan program jurusan IPS nilai tertinggi 45,20, terendah 38,00 dan niali rata-rata 42,49. “Kita patut bersyukur tahun ini program IPA dan IPS, MAN Ngabang masih tertringgi se Kalimanatan Barat,” ucapnya bersyukur. Keberhasilan ini juga, tambah Sabirin, berkat keseriusan siswa dalam belajar menghadapi Unjian Nasional. “Anak didik kami sangat antusias menghadapi ujian tahun ini, mereka ada Club Study, dan mereka ini juga mudah kita arahkan,” ungkap Sabirin. Ditambahkannya, perbandingan nilai tingkat SMA dengan MAN Ngabang. Dimana Untuk SMA pada jurusan IPA nilai tertinggi mencapai angka 42,93 dan IPS 41,66. Sementara MAN Ngabang jurusan IPA 44,11 dan IPS 42,49. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Siswa SMK Terpadu Ngabang 70 Persen Gagal"


Powered by www.tvone.co.id