23.46 Diposting oleh HERI IRAWAN
Pendidikan Kebutuhan Utama, Jangan Ada Yang Tidak Sekolah

NGABANG – Pendidikan yang merupakan hal yang harus di miliki setiap
warga Negara dengan tanpa ada pengacualian, merupakan hal yang harus
terpenuhi. Sehingga agar semua itu dapat terwujud maka saat ini baik
Pemerintah daerah bahkan sampai di tingkat Pemerintah pusat secara terus menerus berupaya agar para generasi dapat mengikuti pendidikan.
”Kita ingin agar jangan sampai ada lagi anak-anak kita yang tidak bersekolah karena ini penting bagi generasi. Minimal mereka bisa menyelesaikan sampai pada jenjang SMA lah dan ini harapan kita,” harap Jongki. S.Pd, Ketua MKKS tingkat SMP Sekabupaten Landak kepada Kapuas Post belum lama ini.
Dikatakannya, sebagai bentuk upaya untuk mengatasi hal tersebut dan
berharap aga para generasi tersebut dapat mengikuti pendidikan, saat ini
pula pemerintah juga sudah menggaungkan Pendidikan sembilan Tahun
(wajar) yang merupakan salah satu terobosan sehingga dalam
pelaksanaannya akan dapat di teruskan dari Sekolah Dasar (SD). Hanya
saja yang tidak kalah penting dalam hal ini bukan hanya masalah
pendidikan Wajar semata tetapi yang lebih penting adalah sosialisasi
akan pentingnya pendidikan terhadap generasi. “Sebenarnya yang paling
penting di sini adalah sosialisasi pendidikan walaupun ini bukan barang
baru lagi buat kita. Tetapi yang kita antisipasi jangan ada lagi orang
tua yang menganggap bahwa pendidikan itu tidak penting,” katanya.
Karena yang di lihat bukan masa sekarang tetapi masa puluhan tahun
kedepan bagi generasi yang ada. Sehingga hal inilah yang akan menjadi
poin penting bagi generasi menghadapi masa yang akan datang. Apalagi
seiring dengan pesatnya berbagai perkembangan pembangunan pendidikan tetap merupakan basis utama dalam perkembangan di berbagai sector. Dan harapan ini, menurutnya, bukan hanya sepihak tetapi masyarakat secara keseluruhan apalagi yang berada di daerah pedalaman yang masih terpencil. Sosialisasi ini sebenarnya tidak harus kita lakukan secara formal dalam arti secara langsung mengumpulkan masyarakat tetapi dapat di lakukan dengan berbagai cara [pendekatan] sehingga akan dapat di mengerti oleh masyarakat secara baik. “sebagai terobosan agar anak-anak kita yang berada di daerah pedalaman yang masih cikup terpencil kita juga sudah membuka SMP terbuka cara ini tidak lain agar anak-anak kita yang ada di sana dapat menikmati pendidikan sebagaimana anak-anak kita yang ada di daerah perkotaan atau daerah yang sekolahnya dapat di jangkau. Karena hinggga saat ini masih banyak jarak yang cukup jauh sehingga cukup sulit di jangkau sehingga perlu menginap,” katanya.
Sehingga dengan tidak tersediannya tempat untuk menginap sehingga siswa tersebut terpaksa harus tidak sekolah. Untuk itu tambahnya, dengan realita yang ada maka pihaknya tetap berusaha agar para siswa yang ada di daerah yang masih terpencil dapat mengikuti pendidikan maka SMP terbuka merupakan jalan terbaik untuk mengatasi hal tersebut. selain itu menurutnya, dukungan orang tua juga tetap merupakan hal terpenting dalam untuk mensukseskan proses kegiatan ini. Karena kalau saja upaya dorongan dari pihak keluarga sangat kurang terhadap seorang anak untuk mengukuti pendidikan maka sangat mustahil sekali hal ini akan terwujud. “dalam hal ini saya sangat berharap dukungan dari semua elemen yang ada terhadap perkembangan dunia pendidikan yang ada di daerah kita. Karena untuk mensukseskan semua ini bukan hanya tanggung jawab sekolah, pemerintah tetapi peranan dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat merupakan hal yang sangat penting. Sehingga kedepannya di Kabupaten Landak upaya
Pemda untuk meningkatkan baik mutu maupun kualitas pendidikan kedepannya akan dapat tercapai dengan baik,” kata Manager Tinju Kabupaten Landak ini berharap. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to " "


Powered by www.tvone.co.id