Potensi Desa Perlu di Kembangkan

07.20 Diposting oleh HERI IRAWAN
NGABANG- Kekayaaan Potensi yang di miliki satu Daerah merupakan keterpaduan dari potensi yang di miliki oleh masing – masing desa yang tergabung dalam satu wilayah pemerintahan. Pentingnya pengelolaan potensi yang di miliki memang sudah merupakan keharusan, sehingga baik sumber daya alam, bahan galian maupun potensi lainnya akan dapat termempaatkan dengan baik.
”Kalau di lihat dari potensi yang kita miliki memang cukup melimpah hanya saja potensi tersebut belum bisa termempaatkan dengan baik namun,bagaimanapun juga potensi ini akan kita olah dengan baik, ” kata M Ibrahim A Kades Amboyo Selatan Kecamatan Ngabang, kepada KP, kemarin.
Menurutnya, rencana pengelolaan berbagai potensi yang di miliki desa tersebut terutama di bidang perkebunan seperti kelapa sawit dan bidang pertanian dibidang tanaman pangan seperti padi palawija dan budidaya ikan air tawar merupakan program yang akan di kembangkan oleh Kepala Desa Amboyo Selatan.
“Beberapa potensi tersebut merupakan salah satu potensi yang memang sudah di kelola oleh masyarakat hanya sangat perlu dukungan dari pihak pemerintah,” katanya.
Selain memberikan manfaat bagi masyarakat, dalam hal ini para petani, sudah terbiasa dengan tanaman ini sehingga sudah tidak canggung lagi dalam hal memelihara tanaman kelapa sawit.
Hanya saja dalam pengembangan tanaman tersebut hingga saat ini masyarakatnya di Desa Amboyo Selatan tentu juga sangat merasa kesulitan karena di samping kemampuan yang memang sangat terbatas. ”Bagaimanapun kuatnya kemauan kita untuk membuka lahan yang sipatnya pribadi atau sendiri itu pasti akan terkendala terutama modal yang kita miliki selain itu juga kemampuan yang sangat terbatas, ” ungkapnya.
Rencana pengembangan berbagai potensi yang ada di desa khususnya Desa Amboyo Selatan memang membutuhkan dukungan dari pemerintah terutama dalam hal tehnis pengelolaan,serta tehnis lainnya maupun pola dalam mengelola potensi tersebut sangat di butuhkan.Sedangkan potensi yang sangat menjanjikan apabila di kembangkan dengan baik serta tehnis yang tepat adalah di sector perikanan air tawar.di mana sector ini juga merupakan sector yang sudah menyatu dengan masyarakat sehingga sangat tidakdi ragukan lagi apabila bisa di fasilitasi oleh pemerintah.hanya yang merupakan kendala besar yang di alami oleh masyarakat saat ini masih sangat terbatasnya baik kemampuan maupun SDM yang di miliki oleh masyarakat masih sangat terbatas. ”Minat mereka cukup tinggi untuk menekuni sector ini namun berbagai keterbatasan juga merupakan tantangan bagi mereka baik di bidang kemampuan modal,pengetahuan,maupun tehnis pengelola juga belum di kuasai oleh masyarakat kita, ” imbuhnya.
Untuk itu mengenai rencana pengelolaan berbagai potensi yang ada di Desa Amboyo Selatan, lanjutnya lagi, sudah di pastikan tidak bisa di lakukan tampa adanya kerja sama dengan pihak Pemda khususnya dari dinas terkait,apalagi dalam pelaksanaan ataupun pengembangannya di lapangan sudah pasti masyarakat perlu berbagai pembekalan serta pengetahuan ayang memadai sehingga dalam pengelolaan potensi tersebut tidak lagi menggunakan pola tradisional tetapi sudah bisa menggunakan tehnik yang modern dan akan bisa meningkatkan efesien kerja dan tepat sasaran, namun sebaliknya jika dalam mengelola berbagai potensi tersebut tanpa adanya dukungan dari pihak Pemda terutama dukungan dari Instansi terkait apapun kegiatan yang sangat di minati oleh masyarakat pasti tidak akan tercapai apalagi kemampuan yang di miliki oleh masyarakat sangat terbatas baik SDM, kemampuan dari segi permodalan maupun tehnis dalam bidang pengelolaan yang masih menggunakan pola tradisional sudah di pastikan tidak akan efektif.
Ia sangat berharap agar upayanya dalam rangka mengelola potensi Desa di Amboyo selatan ini bisa dapat dukungan dari dinas terkait sehingga dalam pelaksanaannya nanti upaya tersebut bisa berhasil dan rencana menuju ke desa mandiri akan dapat terwujud. (wan)
You can leave a response, or trackback from your own site.

0 Response to "Potensi Desa Perlu di Kembangkan"


Powered by www.tvone.co.id